Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global

Authors

  • Erni Asih SDN 2 Sukaagung Barat kec. Bulok Tanggamus

Keywords:

Pendidikan Islam, Dasar Pendidikan, dan Tujuan Pendidikan

Abstract

Islam mewajibkan umatnya supaya menjadi umat yang terpelajar dan berpendidikan. Diharapkan orang yang berpendidikan di era global sekarang ini akan semakin meningkat, sedangkan orang yang tidak berpendidikan akan berkurang sesuai dengan perkembangan zaman sekarang ini. Pendidikan Islam membimbing anak didiknya dalam perkembangan dirinya, baik jasmani maupun rohani menuju terbentuknya kepribadian dan akhlak yang mulya.Dan nantinya akan menjadi insan yang bermoral dimasa yang akan datang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa kita. Tujuan pendidikan Islam menurut Al Qur’an meliputi (1) menjelaskan posisi peserta didik sebagai manusia diantara makhluk Allah dan tanggung jawabnya dalam kehidupan ini, (2) menjelaskan hubungannya sebagai makhluk sosial dan tanggung jawabnya dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, (3) menjelaskan hubungan manusia dengan alam dan tugasnya untuk mengetahui hikmah penciptaan dengan cara memakmurkan alam semesta, (4) menjelaskan hubungannya dengan Kholik sebagai pencipta alam semesta. Pendidikan adalah suatu pembelajaran, pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.

References

Al-Ghazali, Muhammad. (1995). Akhlak Seorang Muslim. Bandung: PT. Al Maarif

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Anjaswara, Rendra, dan H Hardivizon. “Preferensi Strategi Pemasaran Bank Syari’ah Menanggapi Perilaku Konsumsi Masyarakat Saat Musim Panen.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 2, no. 2 (2017): 81–102. doi:10.29240/jie.v2i2.246.

Dedi, Syarial, dan Hardivizon Hardivizon. “Implementasi ‘Urf Pada Kasus Cash Waqf: Kajian Metodologi Hukum Islam.” Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam 11, no. 1 (2018): 33–48. doi:10.47411/al-awqaf.v11i1.27.

Depag RI. (2005). Al-Qur’an dan Terjemah. Bandung: J-Art.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Fernandes, Sisco, dan H Hardivizon. “Hubungan Interpersonal Skill Karyawan terhadap Minat Masyarakat Muslim Menjadi Anggota Koperasi Syari’ah.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 1, no. 2 (2016): 129–46. doi:10.29240/jie.v1i2.97.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Gani Ali, Hasmiyati. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Quantum Teaching Ciputat Press Group.

Hajaru, Fajar, dan H Hardivizon. “Individual Experience dan Persepsi Pedagang: Relasi Pengalaman Individual Dan Persepsi Pedagang Terhadap Bank Syariah.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 1, no. 1 (2016): 89–104. doi:10.29240/jie.v1i1.63.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon, Mhd Sholihin, dan Anrial Anrial. “Relasi Agama dan Pilihan Nasabah: Grounded Theory dan Reposisi Agama pada Pilihan Nasabah Bank Syariah di Bengkulu.” Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian 4, no. 1 (2016): 1–19. doi:10.15548/turast.v4i1.306.

Hardivizon, dan Muhammad Sholihin. “Hybrid Rationality behind Customers’ Choices of the Islamic Banks : An Experience of Bengkulu, Indonesia.” Journal of Islamic Thought and Civilization 11, no. 1 (2021): 175–200. doi:10.32350/jitc.111.10.

Haidar, Putra Daulay. (2004). Pendidikan Islam: Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Kencana.

Isma’il SM. (2008). Strategi Pembelajaran Islam Berbasis PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Semarang: Rasail.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Muhaimin. (2006). Nuansa Baru Pendidikan Islam: mengurai benang kusut dunia pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Muhaimin. (2007). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, Enco. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musthofa, Rembangy. (2010). Pendidikan Transformatif: Pergulatan Kritis Merumuskan Pendidikan di Tengah Pusaran Arus Globalisasi. Yogyakarta: Teras.

Rohman, Abdul. (2009). Pendidikan Integralistik Mengganggas Konsep Manusia dalam Pemikiran Ibn Khaldun. Semarang: Walisongo Press.

Downloads

Published

2022-07-02

Issue

Section

Articles