Efektifitas Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran PAI

Authors

  • Ekhwan Wahyudi UPT SD Negeri 2 Margosari Pringsewu, Lampung

Keywords:

Pengelolaan kelas, Pembelajaran PAI, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat dua hal yang turut menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar, yaitu pengelolaan kelas dan pengajaran itu sendiri. Kedua hal itu saling tergantung. Siswa dapat belajar dengan baik, dalam suasana yang wajar tanpa tekanan dan dalam kondisi yang merangsang untuk belajar. Untuk menciptakan suasana yang menumbuhkan gairah belajar, meningkatkan prestasi belajar siswa, dan lebih memungkinkan guru memberikan bimbingan terhadap siswa dalam belajar, diperlukan pengelolaan kelas yang memadai. Maka dari itulah, peneliti tertarik untuk mengambil judul penelitian tentang, efektifitas pengelolaan kelas dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran PAI. Kajian dan pembahasan ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pengelolaan kelas yang efektif ditinjau dari segi pengelolaan ruangan dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran PAI. 2) Mendeskripsikan pengelolaan kelas yang efektif ditinjau dari segi pegelolaan siswa dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran PAI. 3) Mendeskripsikan factor-faktor penghambat dan usaha-uasaha GPAI dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran PAI

References

Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidika Agama Islam, Bandung: Al- Ma’arif,1989.

Ahmad Rohani, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: PT Rienika Cipta, Cet ke-2. 2004.

Cece Wijaya, dan Tabrani Rusyan. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1994.

Dedy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya, Bandung: Remaja Rosydakarya, 2001

Departemen Agama R.I, Al-Quran dan Terjemah Tafsir Perkata, Bandung: Sygma Publising., 2010.

Gordon, Thomas (Ed.), Guru Yang Efektif; Cara Untuk Mengatasi Kesulitan dalam Kelas, Jakarta: Rajawali Press, 1990.

Hadari Nawawi. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung. 1989.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Made Pidarta. Pengelolaan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional, Tth.

Mahmud Yunus, Metodik khusus pendidikan agama, Jakarta: Al-Hidayah, 1986.

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, Cet, ke-7, 2008.

---------, Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar, Bandung: Tarsito, 2006.

Roestiyah NK, Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara. 1989.

Sadirman A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers. Cetakan ke-20, 2011.

Semiawan, Conny dkk. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta: Grasindo, 1986

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, Cetakan ke-8, 2009.

Suparno dkk. Dimensi-Dimensi Mengajar. CV. Bandung: Sinar Baru, 1988.

Susilo Riwayadi dan Suci Nur Anisyah, Kamus Populer Ilmiah Lengkap, Surabaya: Sinar Terang.

Syafaruddin, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep, Strategi dan Aplikasi, Jakarta: Grasindo, 2002.

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, PT Rieneka Cipta, Jakarta, Edisi Revisi, 2006.

Tayar Yusuf dan Yurnalis Etek, Teknik Evaluasi dan Metode Penerapan Jiwa Agama, Jakarta: Indo Hilco, 1987.

Theo Riyanto, Pembelajaran Sebagai Suatu Bimbingan Pribadi (Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2002).

Usman, Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1994.

UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2009.

Zakiah Daradjat, Dkk. Ilmu pendidkan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Zuhairini, dkk. Filsapat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, Cet.Ke-4, 2008.

Downloads

Published

2022-07-10

Issue

Section

Articles