Meningkatkan Prestasi Pendidikan Agama Islam Dengan Menerapkan Metode Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas XI IPA I SMAN I Semaka
Keywords:
Prestasi; Menerapkan; Metode; Kooperatif; JigsawAbstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas XI IPA 1 SMAN 1 Semaka Tanggamus. Strategi yang dipakai dalam meningkatkan aktifitas belajar dengan menerapkan Kooperatif Jigsaw. Setelah diterapkan strategi belajar Kooperatif Jigsaw aktifitas belajar siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Semaka meningkat. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus terhadap 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap proses belajar, baik secara kelompok maupun penilaian individu serta tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara diskripsi dengan teknik rata-rata nilai dan persentase. Tingkat aktifitas pembelajaran siswa dikonversikan dengan pedoman penilaian rentang skor dan predikat Sangat Baik, Baik, Cukup dan Kurang. Berdasarkan hasil data akhir Penelitian dari beberapa aspek proses aktifitas belajar menyatakan bahwa: 1). Keberanian mengemukakan pendapat rata-rata 87,13. 2). Keaktifan/ peran serta 84,88. 3). Menghargai pendapat teman 84,88. 4). Bekerjasama dalam kelompok 84,5. 5). Mempresentasikan hasil kerja kelompok 84,25, dengan total rata-rata nilai 85,13. Hasil kerja kelompok adanya peningkatan yang berarti yaitu dari pencapaian nilai tertinggi 40% pada siklus I meningkat 80% pada siklus II dan meningkat 100% pada silkus III dengan hasil rata-rata nilai 90 berpredikat Sangat Baik. Data hasil belajar individu mencapai nilai rata-rata 99 dari 40 orang siswa, mencapai ketuntasan klasikal 100% sehingga mencapai predikat Sangat Baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan; Adanya peningkatan aktifitas belajar Pendidikan Agama Islam melalui Kooperatif Jigsaw pada siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Semaka Tanggamus tahun 2022.
References
Abuddin Nata, Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Media Grafika, 2008.
Agus Fahrudin, Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah; Pendekatan Teoritis dan Praktis, Bandar Lampung: Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung, 2006.
Aidin Adlan, Model-model Pembelajaran (Bahan Workshop Penelitian Tindakan Kelas), Kementrian Pendidikan Nasional, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Lampung, 2011.
Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.
Anjaswara, Rendra, dan H Hardivizon. “Preferensi Strategi Pemasaran Bank Syari’ah Menanggapi Perilaku Konsumsi Masyarakat Saat Musim Panen.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 2, no. 2 (2017): 81–102. doi:10.29240/jie.v2i2.246.
Dedi, Syarial, dan Hardivizon Hardivizon. “Implementasi ‘Urf Pada Kasus Cash Waqf: Kajian Metodologi Hukum Islam.” Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam 11, no. 1 (2018): 33–48. doi:10.47411/al-awqaf.v11i1.27.
Direktorat Jendral Pendidikan Islam DEPAG RI, Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan pemerintah RI tentang Pendidikan, Jakarta.
Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.
Fernandes, Sisco, dan H Hardivizon. “Hubungan Interpersonal Skill Karyawan terhadap Minat Masyarakat Muslim Menjadi Anggota Koperasi Syari’ah.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 1, no. 2 (2016): 129–46. doi:10.29240/jie.v1i2.97.
Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.
Hamzah B. Uno, Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.
Hajaru, Fajar, dan H Hardivizon. “Individual Experience dan Persepsi Pedagang: Relasi Pengalaman Individual Dan Persepsi Pedagang Terhadap Bank Syariah.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 1, no. 1 (2016): 89–104. doi:10.29240/jie.v1i1.63.
Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.
Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.
Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.
Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.
Hardivizon, Hardivizon, Mhd Sholihin, dan Anrial Anrial. “Relasi Agama dan Pilihan Nasabah: Grounded Theory dan Reposisi Agama pada Pilihan Nasabah Bank Syariah di Bengkulu.” Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian 4, no. 1 (2016): 1–19. doi:10.15548/turast.v4i1.306.
Hardivizon, dan Muhammad Sholihin. “Hybrid Rationality behind Customers’ Choices of the Islamic Banks : An Experience of Bengkulu, Indonesia.” Journal of Islamic Thought and Civilization 11, no. 1 (2021): 175–200. doi:10.32350/jitc.111.10.
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD (Center for Teaching Staff Development), 2002.
Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.
Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.
Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.
Wijaya Kusumah, Dedi Dwitagama, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, PT Indeks, Jakarta, 2010.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Paiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.