Pentingnya Pendidikan Agama Dalam Membangun Karakter Generasi Mellennia Di Era Globalisasi
Keywords:
Pendidikan Islam, Era millennial, Tantangan dan PeluangAbstract
Dewasa ini manusia hidup di era millennial. Era yang telah menimbulkan tantangan-tantangan baru yang harus diubah menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sehingga tantangan tersebut membawa berkah bagi setiap orang yang melakukannya. Banyak generasi millennial pada zaman sekarang yang kurang mau mempelajari ilmu agama Islam. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhinya, dari keluarga, lingkungan, teman dan pergaulan yang salah. Keluarga sebagai sebuah institusi mini yang dapat memberikan pemenuhan kebutuhan anak sebagai makhluk biopsiko- sosio- spiritual dengan pengembangan kepribadiannya. Dengan kepedulian keluargalah juga membutuhkan aktualisasi diri anak yang merupakan puncak dari tahap pengembangan diri anak, sebelum anak bersikap dengan hal yang tidak diinginkan. Mendidik anak memerlkan materi kesabaran dan ilmu. Pendidikan Islam dengan beragam jenis dan jenjangnya, mulai dari pesantren tradisional yang bersifat non formal, hingga pesantren modern dengan berbagai programnya, mulai dari TK sampai perguruan tinggi secara institusional merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional. Dengan demikian pendidikan Islam ikut berkonstribusi dalam menghadapi era millennial, yaitu manusia yang mampu merubah tantangan menjadi peluang serta dapat memanfaatkannya, guna kesejahteraan hidupnya secara mental dan spiritual. Dalam tulisan ini akan mengangkat permasalahan “Seberapa pentingkah pendidikan Agama bagi generasi millennial dan Mengapa generasi millennial harus dibekali dengan pendidikan agama.”
References
Ainul, Muchammad Yaqin, 2018, Pendidikan Islam. Vol.9
Al-Abrasy, Mohd. Athiyah, 1974, Dasar-dasar pokok Pendidikan Islam, (terj) Bustami A.Gani dan Djohan Bahry L.I.S, dari judul Asl Ial-Tarbiyah al-Islamiyah, Jakarta: Bulan Bintang. cet II
Amir, Jusuf Faisal, 1995, Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: GEMA Insani Pers
Ariwidodo, Eko. 2014 Nuansa.Vol 11, 2014
Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.
Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.
Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.
Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.
Hardivizon, Hardivizon, Mhd Sholihin, dan Anrial Anrial. “Relasi Agama dan Pilihan Nasabah: Grounded Theory dan Reposisi Agama pada Pilihan Nasabah Bank Syariah di Bengkulu.” Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian 4, no. 1 (2016): 1–19. doi:10.15548/turast.v4i1.306.
Hardivizon, dan Muhammad Sholihin. “Hybrid Rationality behind Customers’ Choices of the Islamic Banks : An Experience of Bengkulu, Indonesia.” Journal of Islamic Thought and Civilization 11, no. 1 (2021): 175–200. doi:10.32350/jitc.111.10.
Hidayatullah, Taufik, Islam dan pendidikan karakter paradigm, pendidikan Living Values Education (Studi kasus disekolah Madani, Jakarta) Sekilak Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.
Zubaidah (2011) Desain Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Prenada Media. C.e.l
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Syawwaliyah Herzawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.