Perkembangan Fisik Dan Karakteristiknya Serta Perkembangan Otak Anak Usia Pendidikan Dasar

Authors

  • Pomo Triwahyudi SDN Braja Emas Kec. Way Jepara Kab. Lampung Timur

Keywords:

Karakteristik, perkembangan otak anak, pendidikan dasar

Abstract

Perkembangan anak adalah pembentukan bertahap dari karakteristik dan sifat yang ditentukan secara biologis yang muncul saat anak belajar dari pengalaman. Di negara berkembang, lebih dari 2 juta anak di bawah usia lima tahun gagal mencapai potensi mereka dalam perkembangan kognitif dan sosial karena kemiskinan, kesehatan yang buruk, gizi, dan defisit perawatan. Sebagian besar dari anak-anak ini tinggal di Asia Selatan dan Afrika Sub-Sahara dan banyak dari mereka menghadapi berbagai risiko termasuk kemiskinan, kekurangan gizi, kesehatan yang buruk dan lingkungan rumah yang tidak merangsang, yang sangat mempengaruhi perkembangan mereka

References

Aghnaita, (2017). PerkembanganFisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (kajiankonsepperkembangananak), Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, Vol.3 No.2 2017.

Allen, Eileen dan Lynn R. Marotz. Profil Perkembangan Anak: Prakelahiran Hingga Usia 12 Tahun.

Darmoko, Puji Dwi. (2016). Peran Strategis Guru Dalam Mea, Jurnal Madaniyah, Volume 1 Edisi X Januari 2016.

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan Bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP dan SMA.

Dordic, Visnja, Tubic, Tatjana, and Jaksie Damjan, (2016). The Relationship Between Physical, Motor, And Intellectual Development Of Preschool Children, Journal Procedia-Social and Behavioral Sciences, Volume 23, Issue 3, 2016.

Habibi, Yuliana, Srifariyati, Hasan, Hafiedh, Subhi, Muhamad Rifa’i. (2017). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligence, Jurnal Madaniyah, Volume 7 Nomor 2 Edisi Agustus 2017, hlm. 237-260.

Pem, Deki. (2015). Factors Affecting Early Childhood Growth and Development: Golden 1000 Days, Journal of Advanced Practices in Nursing, Volume 1, Issue 1, 2015.

Retno Wulandari, BurhannudinIchsan, Yusuf AlamRomadhon, (2016). Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini Di Kecamatan Peterongan Jombang, Biomedika, Volume 8 Nomor 1, Februari

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles