Peran Keluarga Dan Tenaga Pendidik Dalam Pembentukan Akhlak Anak (Studi Kasus Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 01 Cugah)

Authors

  • Efi Yenti SD Negeri 1 Cugah

Keywords:

Pendidikan Akhlak, Keluarga, Tenaga Pendidik

Abstract

Pada Hakikatnya keluarga merupakan wadah pendidikan yang utama dalam membentuk watak, kepribadian dan akhlak bagi anak. Sama hal nya tenaga kependidikan. Peran pendidik dalam dunia pendidikan sekarang ini, tidak sekedar mentransferkan ilmu, namun juga dituntut untuk mendidik akhlak, moral, dan budaya bagi peserta didik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan membahas bagaimana peran keluarga pendidik dalam pembentukan akhlak sejak dini di SDN 01 Cugah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran pendidik dan juga dalam pembentukan akhlak serta mencari permasalahan yang dihadapi kemudian menawarkan solusi yang harus dilakukan dengan membuat program mentoring dan bimbingan konseling. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu dengan observasi informasi secara online wawancara dan analisis informasi. Sehingga mendapatkan hasil bahwa Kedua program tersebut dinilai memberikan hasil yang positif terhadap pembentukan akhlak bagi para siswa dikarenakan dapat dilihat dari suasana kelas yang menjadi jauh lebih kondusif setelah kedua program tersebut dijalankan. Selain itu, para siswa juga menjadi lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

References

Ariska, Y., Afifulloh, M., & Dina, L. N. (2020). PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN AKHLAK ANAK (STUDI KASUS ANAK USIA 6-12 TAHUN DI KELURAHAN WONOKOYO RT 03 RW 02 MALANG). Jurnal Pendidikan Islam, 5(4), 163-172.

Fitri, N. L. (2017). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Akhlak Anak Sejak Dini. Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic ducation, 155-168.

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Anjaswara, Rendra, dan H Hardivizon. “Preferensi Strategi Pemasaran Bank Syari’ah Menanggapi Perilaku Konsumsi Masyarakat Saat Musim Panen.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 2, no. 2 (2017): 81–102. doi:10.29240/jie.v2i2.246.

Dedi, Syarial, dan Hardivizon Hardivizon. “Implementasi ‘Urf Pada Kasus Cash Waqf: Kajian Metodologi Hukum Islam.” Al-Awqaf: Jurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam 11, no. 1 (2018): 33–48. doi:10.47411/al-awqaf.v11i1.27.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Fernandes, Sisco, dan H Hardivizon. “Hubungan Interpersonal Skill Karyawan terhadap Minat Masyarakat Muslim Menjadi Anggota Koperasi Syari’ah.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 1, no. 2 (2016): 129–46. doi:10.29240/jie.v1i2.97.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hajaru, Fajar, dan H Hardivizon. “Individual Experience dan Persepsi Pedagang: Relasi Pengalaman Individual Dan Persepsi Pedagang Terhadap Bank Syariah.” AL-FALAH : Journal of Islamic Economics 1, no. 1 (2016): 89–104. doi:10.29240/jie.v1i1.63.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon, Mhd Sholihin, dan Anrial Anrial. “Relasi Agama dan Pilihan Nasabah: Grounded Theory dan Reposisi Agama pada Pilihan Nasabah Bank Syariah di Bengkulu.” Turast : Jurnal Penelitian dan Pengabdian 4, no. 1 (2016): 1–19. doi:10.15548/turast.v4i1.306.

Hardivizon, dan Muhammad Sholihin. “Hybrid Rationality behind Customers’ Choices of the Islamic Banks : An Experience of Bengkulu, Indonesia.” Journal of Islamic Thought and Civilization 11, no. 1 (2021): 175–200. doi:10.32350/jitc.111.10.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Helmawati. (2019). Pendidikan Keluarga. Bandung: PT. Rosda Karya.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Sochib, M. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Subianto, J. (2018). PERAN KELUARGA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERKUALITAS. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 331-354.

Sujanto, A. (2017). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Aksara Baru.

Downloads

Published

2022-07-10

Issue

Section

Articles