Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar Negeri Tinggar Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan

Authors

  • Hasanudin SD Negeri Tinggar Kec. Kadugede Kuningan

Keywords:

Pembelajaran; Pendidikan Islam; Sekolah Dasar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan konsep pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Dalam perkembangannya anak usia Sekolah Dasar memiliki ciri khasnya tersendiri, kemampuan berfikir anak usia Sekolah Dasar berkembang secara berangsur-angsur. Perlu dipahami secara bijak untuk dapat mengantarkan keberhasilan tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunkaan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan agama Islam di sekolah dasar cukup unik, jika pada masa sebelumnya daya fikir anak masih bersifat imajinatif dan egosentris maka pada masa ini daya pikir anak ·berkembang kearah berpikir kongkrit, rasional dan objektif. Adapun ruang lingkup kajian pendidikan agama Islam yaitu Al-Qur’an, akidah, akhlak, fiqh/ ibadah, dan sejarah kebudayaan Islam. Metode pendidikan yang bisa diterapkan mengacu kepada metode Qurani yakni metode amstal, metode qishah, metode ibrah mauidzah, metode hiwar jadali, metode uswah hasanah, dan metode targhib tarhib. Sementara itu, pendidikan Agama Islam bisa dilaksanakan secara secara verbal ataupun non verbal, tulis maupun non tulis yang ditujukan untuk mengukur komptensi intelektual, kompetensi sosial, kompetensi sosial dan kompetensi spiritual. Dengan demikian, pendidikan agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban Islam.

References

Abu Ghuddah, Fattah Abdul. 2012. Tarj. Ar-Rasul Al-Mu’allim wa Asalibuhu fil Ta’lim. Bandung: Irsyad Baitus Salam.

Al-Syaibany, Omar Muhamad Al-Taomi. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Budiyanti, Nurti, Ahmad Syamsu Rizal, and Elan Sumarna. 2016. “IMPLIKASI KONSEP ŪLŪL ‘ILMI DALAM AL-QUR`ĀN TERHADAP TEORI PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Terhadap Sepuluh Tafsīr Mu’Tabarah).” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education.

Darmiah, Darmiah. 2019. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Lanjutan Menengah Atas Dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Karakter.” PIONIR: Jurnal Pendidikan 53(9): 1689–99.

Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung, Rosdakarya.

Efendi, Saprin, Saiful Akhyar Lubis, and Wahyuddin Nur Nasution. 2018. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 064025 Kecamatan Medan Tuntungan.” EDU RILIGIA Journal Vol 2(No 2): 265–75.

Fakhruddin, Agus. 2014. “Urgensi Pendidikan Nilai Untuk Memecahkan Problematika Nilai Dalam Konteks Pendidikan Persekolahan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 12(1): 79–96. http://jurnal.upi.edu/file/07_-_Urgensi_Pendidikan_Nilai_-_Agus_F.pdf.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hamka Abdul Aziz, 2012, Pendidikan Karakter Burpusat Pada Hati, Jakarta: Al Mawardi.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Hartati, Afiatun Sri. 2015. “Dinamika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar.” Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan 13(1): 87.

Hartati, Sri. 2017. “Konsep Spiritual Parenting Dengan Pendekatan Konseling Behavioristik Dalam Membentuk Moral Anak Usia Sekolah Dasar.” Http://Ejournal.Stkipbbm.Ac.Id/ 4(1): 40–52. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/102/99.

Hamalik, Omar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Ismail. 2009. Stratgei Pembelajaran Agama Islam berbasis PAIKEM. Semarang: RASAIL.

Kosim, Nandang. 2015. “Pengembangan Dan Aplikasi Pembelajaran Pai Di Sd.” Qathrunâ 2(2): 121–42.

Majid, Abdul. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nata, Abuddin. 2003. “Manajemen Pendidikan Mengatasi Pendidikan Islam Di Indonesia.” Ilmu Pendidikan.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Rizal, Ahmad Syamsu, and Abstrak. 2014. “PERUMUSAN TUJUAN SEBAGAI BASIS PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM.” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim.

Sari, Lia Mega. 2019. “Evaluasi Dalam Pendidikan Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9(2): 211.

Sholihah, Zumrotus, and Imam Machali. 2017. “Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Alternatif Sd Sanggar Anak Alam ( Salam ).” Cendekia 15(2): 226–40.

Shunhaji, Akhmad. 2019. “Agama Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 1(1): 1–22.

Sofwan Nugraha, M, and Udin Supriadi dan Saepul Anwar. 2014. “PEMBELAJRAN PAI BERBASIS MEDIA DIGITAL (Studi Deskriptip Terhadap Pembelajaran PAI Di SMA Alfa Centauri Bandung).” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim 12(1): 55–67.

Sulistyowati, Endang. 2012. “PEMBELAJARAN PAl DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Al-Bidayah 4(1): 63–76.

Suyadi, S. 2014. “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Smk Negeri 1 Lais Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin.” Conciencia 14(1): 25–47.

Tafsir, Ahmad. 2007. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT remaja Rosdakarya.

Tang, Muhammad. 2018. “Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Merespon Era Digital.” Fikrotuna 7(1): 717–40.

Utomo, Khoirul Budi. 2018. “Strategi Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI.” MODELING:Jurnal Program Studi PGMI 5(2): 145–56.

Zuhairini. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usahan Nasional.

Zulkifli. 2005. Psikologi Perkembangan. Bandung: Rosdakarya

Downloads

Published

2022-07-10

Issue

Section

Articles