Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Numbered Head Together Berbantu Media Gambar Di SD Perintis 2 Pematang Sawa

Authors

  • Yatinem SD Perintis 2 Pematang Sawa, Tanggamus, Lampung

Keywords:

Aktivitas belajar; Pelajaran Pendidikan Agama Islam; Numbered Head Together; Media gambar

Abstract

Belajar merupakan suatu kebutuhan manusia untuk meningkatkan taraf hidup dan kualitas dirinya. Mata pembelajaran PAI tidak hanya menuntut peserta didik untuk memahami apa yang telah dipelajari, tetapi juga harus memberikan contoh-contoh sosial yang nyata di lingkungan masyarakat, dan juga ketakwaannya kepada Allah SWT. Pembelajaran PAI di sekolah dasar hendaknya suatu kegiatan pembelajaran yang disenangi dan bermakna bagi peserta didik agar tujuan dari pembelajaran PAI dapat tercapai. Supaya pembelajaran disenangi dan diminati oleh para peserta didik, maka para pendidik harus mampu memilih strategi pembelajaran yang tepat salah satunya strategi pembelajaran Numbered Head Together berbantu Media Gambar. Media gambar ini merupakan salah satu contoh media pembelajaran yang efektif yang mampu merangsang siswa untuk tertarik dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan strategi numbered head together berbantu media gambar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SD Perintis 2 Pematang Sawa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian dan analisis data bahwa dengan menggunakan strategi numbered head together berbantu media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Berperilaku Terpuji peserta didik kelas IV Perintis 2 Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Hal ini dibuktikan dari hasil aktivitas belajar peserta didik yang mengalami peningkatan dari tiap siklusnya.

References

Arsyad, A. (2014) Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Budiywono, E. (2017) ‘Pengaruh Variasi Metode Mengajar Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa’, Pendidikan, komunikasi dan pemikiran hukum islam, 8(2), p. 261.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Majid, A. (2013) Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mumu, J. and Tanujaya, B. (2016) Penelitian Tindakan Kelas Penduan Belajar, Mengajar dan Meneliti. Yogyakarta: Media Akademi.

Nursyamsi SY, Aloysius duran, herawati susilo (2016) ‘Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa’, Pendidikan, 1(10), p. 1996.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Sadirman (2014) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Salahudin, A. (2015) Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pustaka Setia.

Suharsimi, A. (2014) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, A. (2013) Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Tampubolon, S. (2014) Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2022-07-10

Issue

Section

Articles