Istiqomah Shalat Lima Waktu Sebagai Solusi Mengurangi Kecanduan Game Online Bagi Anak Usia Sekolah

Authors

  • Desi Rohani SMP Negeri 13 Rejang Lebong, Bengkulu

Keywords:

Game Online, Istiqomah, Shalat Lima Waktu.

Abstract

Istiqomah Shalat lima waktu yang diyakini dapat mencegah perbuatan keji dan munkar serta dapat pula mencegah perbuatan sia-sia, termasuk bagi anak-anak usia sekolah dapat mengurangi kecanduan mereka dalam bermain game online. Berangkat dari asumsi tersebut, penelitian ini akan mengungkap dan membuktikan bahwa Istiqomah shalat lima waktu benar-benar dapat menjadi solusi mengurangi kecanduan bermain game online. Metode yang digunakan untuk memperoleh pembuktian tersebut, adalah metode kualitatis, dengan cara melakukan wawancara dan observasi ke objek penelitian yaitu pada anak-anak usia sekolah yang berada di lingungan RT 1/ RW 6 kelurahan Talang Benih Curup Kabupaten Rejang Lebong, sampai memperoleh data yang akurat selanjutnya dianalisis, sehingga diperoleh simpulan bahwa Istiqomah shalat lima waktu dipandang efektif sebagi slah satu solusi dalam mengurangi kecanduan Game Online

References

Anggraeni, V, Warsah, I & Karolina, A (2020) Implementasi Metode Pembiasaan: Upaya Penanaman Nilai-nilai Islami Siswa SDN 08 Rejang Lebong. At-Ta’lim: Jurnal Media Informasi Pendidikan Islam, 19 (1), 1-21

Ariyanti, L. F (2020) Strategi Orang Tua Milennial Dalam Menanamkan Kesadaran Menjalankan Shalat Lima Waktu. Jurnal Ilmu Pendidikan, V (1) 80-91

Daheri, M, Yana A P (Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid 19) Ta’Allum: Jurnal Pendidikan Islam Vol (9) 2, 241-271

Dayakisni, T, saraswati, P, & Widi, E N N (2017) Kedisiplinan Siswa-Siswi Ditinjau Dari Prilkau Shalat Wajib Lima Waktu. Jurnal: Psikologi Islam, Vol (4) 135-150

Departemen Agama RI, 2018, Alquran dan Terjemahannya, Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema.

Gumilang, G S (2016) Metode Penelitian Kulaitatif Dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling 2 (2)

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Ningsih, A Y, Suhadi, Wulandari, I. A, Rochmawan, A E. (2022) Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Kedisilinan Shalat Lima Waktu Siswa Kelas V Di madrasah Ibtidaiyah Terpadu Lailatul Qodar Sukaharjo Tahun Pelajaran 2020/2021. Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi V (2) 27097-0590.

Novriady, E (2019) Kecanduan Game Online Pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Jurnal: Buletin Psikologi Vol (27)2, 148-158

Makhromi, (2014) Istiqomah dalam Belajar (Study Atas Kitab Ta’lim Wa Muta’allim Vol (25) 163-176

Mita, Oemar (2019). Istiqomah Sebab Turunnya Pertolongan Allah, https://www.youtube.com/watch?v=-8K_HRSNy5U&t=400s

Sihab, Quraish (1997) Tafsir Misbah

Syahran, R (2015) Ketergantungan online game dan Penanganannya. Jurnal Psikologi & Konseling. Vol (1) 84-92

Sutarman, (2009) Pengantar Teknologi Informasi, Jakarta. PT. Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-09-11

Issue

Section

Articles