Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Melaksanakan Penilaian Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Jum’atul Aini SDN 080 Bengkulu Utara

Keywords:

Kompetensi; Guru; Evaluasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran agama Islam dan menilai hasil belajar siswa di SDN 080 Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan gejala secara kontekstual secara menyeluruh (sepenuhnya dan dalam konteks atau apa adanya) dengan mengumpulkan data di lingkungan alam, sumber langsung instrumen penelitian utama. sendiri. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti melakukan observasi, wawancara, dan pencatatan. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan guru PAI dalam mempersiapkan, melaksanakan pembelajaran dan menilai hasil belajar siswa di SDN 080 Bengkulu Utara. Kemampuan guru pendidikan agama Islam untuk belajar di kelas sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Guru PAI menemukan beberapa kendala dalam melaksanakan penilaian hasil belajar siswa, namun secara keseluruhan penilaian hasil belajar siswa paling besar, baik sumatif dan formatif, verbal dan praktis, maupun spiritual

References

Anwar, Nuril, and A. G. Wailanduw, ‘Evaluasi Pelaksanaan Dan Faktor-Faktor Penghambat Dan Pendukung Teaching Factory Di SMK Negeri 3 Surabaya’, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7.1 (2018), 94–101

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hasibuan, Hamdan, ‘Studi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran’, Form Paedagogik, 08.02 (2016), 14–38 <http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/view/571>

Hidayat, Imam, ‘Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran PAI Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di Sekolah Menengah Pertama’, Khazanah Pendidikan Islam, 2.2 (2020), 52–67 <https://doi.org/10.15575/kp.v2i2.9030>

Khuliy Zakiyah, ‘Digilib.Uinsby.Ac.Id Digilib.Uinsby.Ac.Id Digilib.Uinsby.Ac.Id Digilib.Uinsby.Ac.Id Digilib.Uinsby.Ac.Id Digilib.Uinsby.Ac.Id Digilib.Uinsby.Ac.Id’, Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2 (2018), 15

Mayudana, I Kadek Yogi, and I Komang Sukendra, ‘Analisis Kebijakan Penyederhanaan Rpp (Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019)’, IJED (Indonesian Journal of Educational Development), 1.1 (2020), 62–70 <https://doi.org/10.5281/zenodo.3760682>

Nashir, Ahmad, Syamsuriadi Salenda, and Nama Penulis, ‘Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar’, Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11.1 (2020), 1–15

Nuriyah, Nunung, ‘Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori’, Jurnal Edueksos, 3.1 (2014), 73–86 <https://doi.org/10.1165/rcmb.2013-0411OC>

Ritonga, Mahyudin, Ahmad Lahmi, Rimelfi Rimelfi, Fathul Bahri, and Ilyas Tuangku Bagindo, ‘Sosialisasi Pembuatan Soal Melalui Google Form Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pai’, BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1.4 (2020), 347–54 <https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.456>

Urrahmah, Diyah Mayarisa & Aulia, ‘Sejarah Artikel: Dipublikasi Januari 2017’, Sejarah Artikel: Dipublikasi Januari 2017, 3.1 (2019), 25–37

Downloads

Published

2022-09-11

Issue

Section

Articles