Pentingnya Pendidikan Nilai Agama dan Moral Bagi Anak Usia Dini

Authors

  • Nelmi Pulungan SDN.No.101233 Sibadoar

Keywords:

Pembelajaran Pendidikan Islam, Pendidikan Moral

Abstract

Titik sentral yang harus dicapai oleh setiap kegiatan belajar mengajar adalah tercapainya tujuan pengajaran. Apa pun yang termasuk perangkat pengajaran dituntut secara mutlak untuk menunjang tercapainya tujuan. Segala sesuatu pasti memiliki problematika yang menjadi permasalahan dan tantangan yang harus dihadapi dan dicari solusinya. Terutama dalam pendidikan. Penulis ingin mengkaji secara khusus tentang pentingnya nilai agama dan moral bagi anak usia dini. Agama manapun akan mengajarkan kebaikan, begitu pula dengan hokum moral, maka dari itu dengan mengenalkan aspek nilai agama dan moral kepada anak sejak dini akan membentengi anak dari melakukan hal-hal buruk. Nilai-nilai moral dan agama anak usia dini, di lembaga pendidikan moral dan nilai-nilai agama ditanamkan melalui pembiasaan. Salah satu perilaku yang di tanamkan adalah berdoa sebelum makan dan sesudah makan dan doa-doa lain yang di sertakan artinya, sehingga anak hapal apa yang di ucapkan dan tahu maksudnya. Semoga tulisan ini bermamfaat dan bisa memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan yang menjadi tantangan dalam pendidikan Agama islam baik sebagai sebuah disiplin ilmu, institusi ataupun jalan hidup dalam kehidupan setiap manusia, karena agama adalah budaya Tuhan.

References

Artikel Rizki Ananda , 2017:22 -23

Prodi PGSD Universitas pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia.

UU tentang sistem pendidikan Nasional .BAB.I Ketentuan umum pasal I.

Menurut Sero Soemardjan, Defenisi Globalisasi

Artikel dari Yuditya.dianputra.fip@um.ac.id

Menurut Kemenag.go.id, Tentang krisis Moral Pendidikan dan Peserta didik

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64

Downloads

Published

2022-09-11

Issue

Section

Articles