Efektivitas Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Dalam Kelancaran Membaca Al Qur’an

Authors

  • Nurhaiyani Nainggolan SD Negeri 091629 Simpang Dosin

Keywords:

Ayat- Ayat Pendek, Mengenal Al-Qur’an, Peserta Didik

Abstract

Membaca Alqur’an sangatlah penting bagi umat beragama Islam, dikarnakan Al- Qur’an adalah pedoman hidup bagi umat Islam, sekolah dasar sebagai awal dari jenjang pendidikan menjadi acuan awal bagi peserta didik untuk mulai mempelajari cara membaca Al-Qur’an dan meneladani isi kandungan didalamnya. Maka dari itu guru perlu mengetahui bagaimana cara agar peserta didik dapat mengenal Al-Qur’an. Peneliti mengambil pemahaman dan pendapat para ahli dalam melakukan penelitian ini. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta didik dapat mulai mengenal Al-Qur’an dan membaca Al-Qur’an di sekolah dasar dimulai deri ayat ayat pendek.

References

As’ad Humam, Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an, (Yogyakarta: Team Tadarus AMM, 1990)

Departemen Agama RI, Pedoman Pendidikan Agama Islam Sekolah Umum Dan Luar Biasa, tt, hlm. 2

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316

Husril Mardiansyah Hamsan (2021) efektivitas program qur’an school dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an siswa sma muhammadiyah 6 makassar website: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/14937-Full_Text.pdf

Jaedi. M, (2019), Pentingnya Memahami Al-Qur’an Dan Ilmu Pengetahuan, 2085-2487

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Manfaat Pendidikan Agama Islam, website : https://www.ayosemarang.com

Mawaddah. Sri, (2017), "Beut Ba’da Magrib" Suatu Pembiasaan Bagi Anak-Anak Belajar Al-Qur’an. Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Moh. Khoirul Anam (2021) efektivitas pembelajaran baca tulis al-qur’an melalui penggunaan alat peraga metode tilawati pada masa pandemi covid-19 di sd khalifa ims, pondok aren, tangerang selatan, banten website: https://repository.ptiq.ac.id

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Pengertian Alquran dan Fungsinya bagi Umat Islam, Bukan Sekadar Bacaan, Website: https://www.merdeka.com/

Pengertian Pendidikan Agama Islam, website: https://dosenmuslim.com/pendidikan/pengertian-pendidikan-agama-Islam

Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007, Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Bab I, pasal 2, ayat (1).

Pikran Ahmadi (2021) efektivitas metode iqro’ dalam pembelajaran al-quran di mts 15 muhammadiyah medan Website: http://repository.umsu.ac.id/ Skripsi%20Pikran%20Ahmadi.pdf

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2022-09-11

Issue

Section

Articles