Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Ibadah Salat Kewajiban Ku Kelas III SDN 05 Mesuji Timur

Authors

  • Supriyanto SDN 05 Mesuji Timur

Keywords:

hasil belajar, problem based learning, shalat

Abstract

Proses pembelajaran dalam pendidikan membutuhkan beberapa komponen untuk menunjang terciptanya suatu keberhasilan. Ilmu pendidikan secara mikro memandang manusia dari segi upaya normative membantu pihak lain agar berkembang ke tingkat yang normative lebih baik. Untuk mempengaruhi peserta hasil belajar peserta didik agar lebih baik, maka membutuhkan strategi khusus yang dilakukan oleh pendidik terhadap peserta didik dalam pencapaian pengaruh dan pemahaman agar dapat memberi pemahaman yang baik. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas mengenai “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Ibadah Salat Kewajibanku Kelas III di SDN 05 Mesuji Timur”. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana cara guru membimbing siswa-siswi yang mengalami kesulitan pada mata pelajaran PAI, khususnya pada materi Ibadah salat kewajiban ku terhadap siswa kelas III SDN 05 Mesuji Timur. Dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Ibadah Salat kewajiban ku terhadap siswa kelas III SDN 3 Kereng Bangkirai Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Dengan subjek peserta didik kelas III di SDN 05 Mesuji Timur. Hasil penelitian ini menunjukan guru membimbing siswa-siswi yang mengalami kesulitan pada mata pelajaran PAI, khususnya pada materi Ibadah salat kewajiban ku terhadap siswa kelas III SDN 05 Mesuji Timur mendapatkan hasil belajar baik dengan rata-rata nilai 80,35.

References

Dessy Anwar, Kamus Lengkap Bahasan Indonesia, Surabaya: Karya Abditama, 2001

Hartono, Analisis Item Instrumen: Analisis Tes Hasil Belajar dan Instrumen Penelitian, Pekanbaru: Zanafa Publishing, 2010.

Indrawati dan Wawan Setiawan, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Jakarta: P4TK IPA,2009

Isjoni Ishak, Based Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok, Bandung: Alfabeta, 2007

Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

M. Ismail Yusanto, dkk, Menggagas Pendidikan Islam, Bogor: Al-Azhar Press, 2011

Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010

Ngalim Purwanto. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011

Suharsimi Arikunto, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Syahrilfuddin. dkk. Penelitian Tindakan Kelas, Pekanbaru: Cendikia Insani, 2011 Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi dan Kompetensi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005

Zakiah Darajat, dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles