Komunikasi Orang Tua dalam Pembinaan Nilai-Nilai Islami pada Remaja di Desa Lubuk Jale Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara

Authors

  • Trisnawati SDN 034 Bengkulu Utara

Keywords:

Komunikasi Orang Tua, Pembinaan Nilai-Nilai Islami

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana Komunikasi Orang Tua dalam Pembinaan Nilai-Nilai Islami pada Remaja di Desa Lubuk Jale Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yakni suatu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif baik berupa tulisan atau ungkapan yang diperoleh langsung dari lapangan atau wilayah penelitian. Sedangkan analisa data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yakni menguraikan, mendeskripsikan dan mengungkapkan gagasan-gagasan atau ide-ide. Adapun informan pada penelitian ini adalah orang tua dan remaja di Desa Lubuk jale Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara. Setelah data di analisis diperoleh kesimpulan bahwa : komunikasi orang tua dalam pembinaan nilai-nilai islami pada remaja di Desa Lubuk Jale Kecamatan Kerkap Kabupaten Bengkulu Utara sudah dilakukan oleh orang tua akan tetapi belum maksimal dan belum terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan oleh kesibukan aktivitas dan pekerjaan orang tua sehingga kurang tersedianya waktu luang untuk mengajarkan, mengarahkan dan memberikan perhatian lebih serta pengawasan terhadap anak remajanya

References

Ahmadi, Abu, Sosiologi Pendidikan (Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2007)

Aziz, Safrudin, Pendidikan Keluarga Konsep Dan Strategi (Yogyakarta: Gava Media, 2015)

———, Pendidikan Keluarga Konsep Dan Strategi (Yogyakarta: Gava Media, 2015)

Daradjat, Zakiah., Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)

Departemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemah (Bandung: Cv. Penerbit J-ART, 2004)

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, Hardivizon, ‘Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah’, FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 3.2 (2019), 147 <https://doi.org/10.29240/jf.v3i2.616>

Heri Gunawan, Mahmud, Dkk, Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga (jakarta: Akademia Permata, 2013)

Ibrahim, R, Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan (Bandung: PT. IMTIMA, 2007)

Jalaluddin, Psikologi Agama (Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2012)

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Liliweri, Alo, Dasar-Dasar Komunikasi Antar Budaya (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003)

Lubis, Mawardi., Evaluasi Pendidikan Nilai (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008)

Muchtar, Jauhari Heri, Fikih Pendidikan (Bandung: Rineka Cipta, 2008)

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Naim, Ngainun., Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan (JOgjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016)

Rakhmat, Jalaluddin, Keluarga Muslim Dalam Masyarakat Modern (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994)

Sudiyono, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009)

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R & D (Bandung: Alvabeta, 2014)

Syafaat, Aat, Peranan Pendidikan Agama Islam (jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2008)

Downloads

Published

2022-09-11

Issue

Section

Articles