Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 040 Bengkulu Utara

Authors

  • Umi Khasana SDN 040 Bengkulu Utara

Keywords:

Pandemi, Pedidikan, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran online merupakan pembelajaran alternatif di masa pandemi C0VID-19, namun proses pembelajaran online menghadirkan berbagai jenis permasalahan yang dihadapi siswa sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda terhadap hasil belajar siswa. Perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran online mempengaruhi berbagai pihak salah satunya siswa. Perlunya tanggapan atau persepsi dari siswa mengenai perubahan sistem pembelajaran yang mendadak, kemudian seberapa besar persepsi atau tanggapan tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa terutama mata pelajaran pendidikan agama Islam. Persepsi negatif maupun positif pada siswa yang mempengaruhi keberhasilan belajar yang harus dihadapi sepanjang tahun akademik, siswa dapat melihat dan mengevaluasi dirinya sendiri dengan menyelesaikan tugas yang diberikan. Siswa yang mampu mengerjakan tugas dengan baik merupakan siswa yang memberikan perhatian lebih terhadap objek, keberhasilan yang dicapai tergantung pada kemampuan dan usaha siswa dalam memberikan perhatian terhadap objek yang diberikan

References

Anshori, Muchlis & Sri. “Metodologi Penelitian Kuantitatif” n.d.

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578

Cepi, R. (2010). Konsep Pembelajaran Online. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Djaali. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hery Noer Ali. (1999). Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Hidayat, Aziz Alimun. (2012). Menyusun Instrumen Penelitian Dan Uji Validitas Reliabilitas. Surabaya: Health Books Publishing.

Rahma, N. S. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol. XII No. 1

Sari, Ria Puspita Nabila Bunnanditya Tusyantari dan Meidawati Suswandari. (2021). “Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19” Jurnal Ilmiah Kependidikan 2, no. 1: 11

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Dewi Sri DKK. (2019). Analisis Regresi Dan Korelasi. Purwokerto: CV IRDH.

Downloads

Published

2022-09-11

Issue

Section

Articles