Pemberian Hadiah Dan Urgensinya Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri 097322 Silau Bayu

Authors

  • Tresni Amaliya SD Negeri 097322 Silau Bayu

Keywords:

Motivasi Belajar; Pemberian Hadiah

Abstract

Penelitian ini adalah bertujuan untuk menganalisis, 1) Pentingnya pemberian hadiah terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, 2). Bentuk-bentuk hadiah yang diberikan kepada siswa 3) Penerapan pemberian hadiah yang guru diberikan di dalam kegiatan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun Subjek dari penelitian ini adalah  Kepala Sekolah, Guru Mapel PAI serta siswa kelas IV, V dan VI. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pemberian hadiah kepada siswa SD Negeri 097322 Silau Bayu adalah hal yang penting dan mempunyai dampak positif dalam meningkatkan motifasi siswa dalam belajar, baik keberhasilan akademik maupun non akademik. 2) Hadiah yang diberikan dalam kegiatan belajar siswa di SD Negeri 097322 Silau Bayu ini meliputi a) Pujian; b) Tanda penghormatan/penobatan; c) Berbentuk semua benda yang disukai. 3) Proses Penerapan pemberian hadiah di SD Negeri 097322 Silau Bayu dilaksanakan di dalam kelas pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, baik dilakukan secara individu maupun kelompok. Dengan adanya hadiah ternyata memberikan dampak positif dalam mengembangan minat dan bakat siswa, serta siswa lebih termotivivasi dalam belajar dengan adanya pemberian hadiah yang dilakukan oleh guru. Maka dapat disarankan untuk, guru khususnya guru PAI agar lebih kreatif dan inovatif lagi dalam memberikan hadiah agar siswa merasa lebih termotivasi dalam belajar. Siswa hendaknya lebih antusias dan senantiasa aktif dalam mengikuti pembelajaran di sekolah. Juga berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan lainya.

References

ARIANTI, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Baharuddin, I. (2016). Esensi Peserta Didik Dalam Perspektif Falsafah Pendidikan Islami. Dosen Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan, 2, 147–162.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdaus, F. (2020). Esensi Reward dan Punishment dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4882

Firmansyah, Iman, M. (2019). Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 79–90.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Istikomah, R. (2021). Pengembangan Sistem Pendidikan Agama Islam. Jurnal Keguruan Dan Pendidikan Islam, 1(1), 13.

Kurniawati Desyana Widhi. (2012). Upaya Meningkatkan Motivasi Melalui Pemberian Hadiah (Reward) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd Negeri 03 Pingit Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung Semester Ii Tahun Pelajaran 2011/2012. 5–19.

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf. Universitas Singaperbangsa Karawang, 20, 123–144.

Putra, R. P., Ninghardjanti, P., & Rapih, S. (2018). Pemberian Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran, 2017–2222. https://jurnal.uns.ac.id/snpap/article/view/27942

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. November, 289–302.

Reward, B. H., Penerapannya, D., Belajar, K., Di, S., Negeri, S. D., Bengkulu, K., Nurul, I., Khofifa, T., & Latipah, N. (2003). Bentuk-Bentuk Hadiah. 1–12.

Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145.

Untuk, D., Persyaratan, M., Gelar, M., & Pendidikan, S. (2011). Pemberian hadiah dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di mi guppi kalimbua desa bontongan kecamatan baraka kabupaten enrekang.

Downloads

Published

2022-09-12

Issue

Section

Articles