Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Usap Abur Di TK Hubbulwattan Duri

Authors

  • Fitri Kurniawati TK Hubbulwathan Duri, Riau

Keywords:

usap abur, motorik halus

Abstract

Pengembangan Morik anak pada Usia dini masih menemui masalah khususnya di kelompok B TK Hubbulwattan yaitu rendahnya minat anak dalam mengikuti proses kegiatan Pengembangan, jugga hasil pekerjaan tidak selesai tepat waktu dan kurang memuaskan. Perbaikan ini bertujuan untuk mengetahui mdia yang diajarkan dapat meningkatkan motoric halus pada kegiatan usap abur manfat kegiatan ini diharapkan bagi anak untuk meningkatkan motoric halusnya dan bagi guru untuk menambah wawasan dalam menyikapi permasalahan yang ada. Perbaikan ini menggunakan prosedur kgiatan perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan dan refleksi, yang dlakukan dalam dua siklus yang masing-masing akhir perbaikan menunjukkan bahwa ada peningkatan perkembangan motoric halus anak yaitu kriteria BSB 13 dari 5 anak dengan presentase 97.5% dan kriteria BSH terdapat 1 dari 15 anak dengan Presentase &>%% dari hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa kegiatan usap abur dapat meningkatkan motoric halus anak dikelompok B TK Hubbulwattan Duri.

References

Akdon dan Sahlan. 2005. Aplikasi Statistik Dan Metode Penelitian Untuk Administrasi Dan Manajemen. Dewa Ruchie. Bandung.

Anas Sujiono. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo. Jakarta.

Buku Panduan Tugas Akhir Mahasiswa S1/Sarjana. 2013. Pekanbaru: FKIP Universitas Riau.

Fatimah. 2015. Hubungan antara Self Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Program Studi PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Skripsi. FKIP Universita Riau. Pekanbaru

Ferrari J. R. "Self Handicapping By Procrastinator: Academic Procrastination". http://www.carleton.cartpychyl/interner.html (diakses 23 Maret 2016)

Ghufron, M. N. 2003. Hubungan control diri dan persepsi remaja terhadap penerapan disiplin orangtua dengan prokrastinasi akademik (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Gunarsa, S.D. 2000. Konseling dan Psikoterapi. PT BPK Gunung Mulia. Jakarta

Hamptom, Amber, E. 2005, "Locus Of Control And Procrastination," www.Capital.Edu.com (diakses 23 Maret 2016)

Irmawati Dwi Fibrianti. 2009. Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua dengna Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Semarang. Skripsi. FP Universitas Semarang. Semarang.

Jonathan Sarwono. 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS. PT Flex Media Komputindo. Jakarta.

Kartadinata, I, & Sia, T. Prokrastinasi Akademik Dan Manajemen Waktu. Anima. Indonesian Psychological Journal. 23 (2). 2008.

Merry Anggraeini, Deceu B.P & Yulita Kurniawaty. 2008. Hubungan Stres dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau). Jurnal psikologi 4(1): 91-106. FAPSI Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Pekanbaru.

Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

M.Nur Ghufron & Rini Risnawita S. 2003. Teori-Teori Psikologi. Ar Ruzz Media Grup. Yogjakarta.

Noor Fitriana Annisa Putri, Sri Wiyanti & Aditya Nanda P. 2012. “Hubungan antara Self Efficacy dengan Prokratisnasi Akademik pada Mahasiswa Program Studi Psiokologi Universitas Sebelas Maret Surakarta”. http://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/candrajiwa/article/view/28.(Diakses 2 Mei 2016).

Pangestuti. 2003. Penundaan Pengerjaan Skripsi (Studi Kasus pada Mahasiswa Angkatan ’96 Program Studi Psiokologi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Semarang.

Riduwan. 2005. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung. PT. Refika

R.Wulan. 2000. Hubungan Antara Gaya Pengasuhan Orangtua Dengan Prokrastinasi Akademik. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Suryani. 2005. Hubungan Antara Harga Diri dengan Asertivitas. http://etd.library.ums.ac.id/go.php?id=jtptums-gdl-s1-2007-suryanif10-4867.( diakses 23 Maret 2016).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suranto. 2009. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan dengan Program SPSS. Semarang: CV. Ghiyyas Putra

Surijah. E. & Sia. T. 2007. Mahasiswa Versus Tugas: Prokrastinasi Akademik Dan Conscientiousness. Anima. Indonesian Psychological Journal. Vol. 22. No. 4

Yemima Husetiya. 2010. Hubungan Asertivitas dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. http://eprints.undip.ac.id/24780/. (Diakses 20 Februari 2016).

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles