Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfizh Tahsin Quran (T2Q) Dan PAI Muatan Al-Qur’an Di SDIT Darul Fikri Bengkulu Utara
Keywords:
Efektivitas, Metode Talaqqi: T2Q, PAIAbstract
Penelitian bertujuan untuk melihat seberapa efektiv nya metode pengajar Al- Quran dengan metode Talaqqi pada mata pelajaran Tahfiz Tahsin Quran (T2Q) dan juga mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam penelitian ini mengguna jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu menggambarkan data kedalam kalimat atau kata-kata kemudian ditarik kesimpulan.adapun sampel dalam penelitian ini adalah data hasil ujian tahfiz kelas VI tahun pelajaran 2021-2022. Dari hasil penelitian dengan melihat nilai yang diperoleh siswa pada rekap nilai banyak siswa yang mendapat predikat mumtaz atau predikat istimewa.Dari 122 siswa, 53% siswa mendapat predikat Mumtaz,25% siswa mendapat predikat Jayyid Jiddad dan 21 % predikat Jayyid.Dapat ditarik kesimpulan bahwa Penggunakan metode Talaqqi dalam pelajaran Tahfizh Tahsin Quran (T2Q) Dan PAI Muatan Al- Quran sangat efektiv
References
Andi, Q. U. R., Ibtidaiyah, M., Pesantren, P., & Qur, A. L. (n.d.). EFEKTIVITAS METODE TALAQQI DALAM PEMBELAJARAN TAHFIZHU AL-. 33–40.
Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.
Bengkulu, N. K., & Novearti, R. F. (2003). Pada Siswa Di Sekolah Menengah Pertama ( Smp ). 407–417.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.
Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.
Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.
Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.
Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.
Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.
Hasim, W., Kusen, K., Hartini, H., & Daheri, M. (2021). Perencanaan Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3884–3897. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1147
Irfan, A. (2019). Talaqqi dan Musyafahah. FAI UNISSULA. https://fai.unissula.ac.id/uncategorized/talaqqi-dan-musyafahah/#:~:text=Talaqqi ataupun Musyafahah merupakan metode,gerak mulut yang dicontohkan guru.
Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.
Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.
Riyani, I. (2016). Menelusuri Latar Historis Turunnya Alquran Dan Proses Pembentukan Tatanan Masyarakat Islam. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 1(1), 27–34. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v1i1.873
Sani, R. (2019). Karakteristik Penafsiran Muhammad ‘Ali Al-Shabuniy Dalam Kitab Shafwah Al-Tafâsîr. TAJDID : Jurnal Ilmu Keislaman Dan Ushuluddin, 21(1), 32–43. https://doi.org/10.15548/tajdid.v21i1.239
Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.
Supriono, I. A., & Rusdiani, A. (2019). Implementasi Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di Lptq Kabupaten Siak. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 54–64. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5281
Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Aida Sustiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.