Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type Stad (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 4 Bengkulu Utara

Authors

  • Hikma Linda SMAN 4 Bengkulu Utara

Keywords:

peningkatan hasil belajar, model pembelajaran kooperatif type stad, student teams achievement division

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPA 1 SMAN 4 Bengkulu Utara pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini disetting dalam 2 siklus, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Bertindak sebagai guru model adalah peneliti sendiri, berkolaborasi dengan guru yang ada di sekolah yang bertindak sebagai observer. Objek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas.

References

Abdurrahman, Dudung. Sejarah Peradaban Islam: dari Masa Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: Lesfi, 2002.

-------------------------.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

-------------------------. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,1996.

Asril, Zainal. Micro Teaching diserta dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2017.

Carolyn dan Edmund. Manajemen Kelas untuk Guru Sekolah Dasar. Kencana, 2011.

Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial Teori Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2014.

Fathurrohman, Muhammad. Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2015.

Huda, Miftahul. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.

Khuluqo, Ihsana. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualisasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2017.

Lutfiah, Zeni Muh, Farhan Mujahidin, dkk. Pendidikan Agama Islam. Surakarta: Yuma Pustaka, 2011.

Masdub. Sosiologi Pendidikan Agama Islam (Suatu Pendekatan Sosio Religius). Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2015.

Masrukin. Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam. Ngembal Rejo Conge : Media Ilmu Press, 2016.

Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengafektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Rosdakarya, 2001.

Nuha, Ulin. Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab Super Efektif Kreatif dan Inovatif. Diva Press, 2016.

Sanjaya, Wina. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Pernada Media Group, 2009.

Suardi. Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sutikno, Sobry. Metode dan Model-model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan. Lombok: Holistica, 2014.

Downloads

Published

2021-04-01

Issue

Section

Articles