Usaha Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an

Authors

  • Nurlaini SMPN 4 Bengkulu Tengah

Keywords:

Pendidikan, Usaha Guru, Baca Tulis Al-qur’an

Abstract

Pendidikan merupakan bagian yang integral dari kehidupan suatu bangsa yang berkualitas dan mampu menghadapi tantangan zaman yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentu-bentuk, langkah-langkah dan kendala dalam pembinaan kemampuan baca tulis al-quran oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 4 Bengkulu Tengah dalam meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap baca tulis Al-Qur’an. Metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian kurangnya minat anak terhadap pembelajaran al-Qur’an kemudian tidak tersedianya buku penunjang atau buku paket yang berkaitan dengan pembelajaran al-Qur’an. Kesimpulan Pembinaan kemampuan membaca al-Qur’an yang dilakukan oleh guru agama di sekolah ini melalui pembelajaran al-Qur’an yang di ikuti dari kelas VII sampai kelas IX, membina dalam bentuk memberi hafalan, memberi motivasi dan memberikan evaluasi.

References

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Chotib Thoha, dkk. 1999. Metodologi Pengajaran Agama. Semarang : Pustaka Pelajar. Cet. Ke – 1

Departemen Agama RI. 1971. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta : Yayasan Penyelenggaraan Penterjemah / Penafsir Al-Qur’an.

Departemen Pendidikan, 2003. Undang-undang sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Husein Bahreisy. 1982. Himpunaan Hadits Pilihan, Hadits Shahih Bukhari, Surabaya : Al- Ikhlas.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

S, Nasution. 1998. Berbagai Pendekatan dalam Belajar Mengaja. Jakarta : Bumi Aksara.

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Suharsimi, Arikunto. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Articles