Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0 dalam Pendidikan Islam di SD Negeri 10 Ujan Mas

Authors

  • Lia Oktavia SD Negeri 10 Ujan Mas, Kepahiang

Keywords:

Pendidikan Islam, Era Revolusi Industri 4.0

Abstract

Pendidikan Islam kini memiliki tantangan tersendiri dalam menggerakkan lingkar pendidikan. Karena perkembangan zaman ini tentu mau tidak mau harus bersaing dengan media, bagaimana lembaga pendidikan khususnya pendidikan Islam merevitalisasi dan penerapan perubahan-perubahan tersebut dalam dunia pendidikan, bukan pendidikan yang mengembangkan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif dengan cara observasi ke objek penelitian yaitu pada peserta didik di SD Negeri 10 Ujan Mas dan wawancara kepada Kepala Sekolah serta guru Pendidikan Agama Islam di SD tersebut. Teknologi merupakan tantangan yang muncul di era Revolusi Industri 4.0 saat ini. Sebenarnya bentuk perkembangan teknologi saat ini adalah memaksimalkan sisi positif dan mengurangi atau bahkan menghilangkan sisi negatifnya. Hal terbaik di zaman kita adalah kemajuan teknologi, dan siswa dapat memperoleh banyak informasi dari teknologi ini. Misalnya, jika informasi dari media sosial itu benar, itu membantu memperluas wawasan siswa, tetapi jika informasi itu tidak benar, itu menjadi kendala atau hambatan

References

Bahri, Samsul. 2020. “Menggagas Era Baru Pendidikan Islam 4.0 Yang Visoner.” AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam 2(2): 89–110.

Budianto, Nanang, and Khurin In Ratnasari. 2020. “Memperkuat Pendidikan Islam Di Era (Four Point Zero / 4.0).”

Dra. Yufridawati, M.Si. Ais Irmawati, M.Si. Untung Tri Rahmadi, S.Sos. Fadhilah Darma Sulistyo, S.Kom. 2020. “Sistem Zonasi Di Indonesia.” : 23.

Hanafie, Das. 2020. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Quipper School Di Sekolah

Heliany, Ina. 2019. “Wonderful Digital Tourism Indonesia Dan Peran Revolusi Industri Dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital 5.0.”

Marjuni, A. 2020. “PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK.” Al asma : Journal of Islamic Education 2(2): 210–23.

“MODEL PENDEKATAN KUALITATIF: TELAAH DALAM METODE PENELITIAN ILMIAH - Dr. Basri Bado, S.Pd., M.Si., - Google Buku.”

Pasar, Pengaruh Eksistensi, Rejowinangun Terhadap, Perkembangan Wilayah, Kota Magelang, and Universitas Tidar. 2021. “Jurnal Paradigma Multidisipliner (JPM) Hakam Ansori .” JPM 2(2).

“Pendidikan Islam Dalam Era Revolusi Industri 4.0 | Priyanto | J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam.” 2018.

Priyanto, Adun. 2020. “Pendidikan Islam Dalam Era Revolusi Industri 4.0.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6(2): 2020.

Priyatmoko, Sigit. 2018. “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0 | TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam.”

Program, Muhammad Arizki, Magister Pai, Fitk Uin, and Sumatera Utara. 2020. “Pendidikan Agama Islam Era Revolusi 4.0.” ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 4(2): 52–71.

Sosial, Jurnal Pekerjaan, Wandi Adiansah, Eko Setiawan, Wina Nurdini Kodaruddin, and Hery Wibowo. 2019. “Person in Environment Remaja Pada Era Revolusi Industri 4.0.” Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 2(1): 47–60.

Suneki, Sri. 2020. “REVITALISASI CIVIC DISPOTITION DALAM MEMPERKUAT PERSATUAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI | Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR).”

Tantangan, Dan, Perubahan Sosial Banuprasetyo, and Danumi Trisyanti. 2018. “REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN TANTANGAN PERUBAHAN SOSIAL.” 2).

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Articles