Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran PAI dan Implikasinya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Di SD Negeri 10 Kepahiang

Authors

  • Prapto Laksono SD Negeri 10 Kepahiang

Keywords:

Pengelolaan kelas; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Minat Belajar

Abstract

Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk membentuk siswa beriman dan bertakwa kepada Allah Swt. Pada kenyataanya ada siswa yang kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga, harus memperhatikan cara pengelolaan kelas dengan baik untuk menumbuhkan minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengelolaan kelas pada pembelajaran PAI Kelas IV di SD Negeri 10 Kepahiang serta faktor apa saja yang mempengaruhinya dalam menigkatkan minat belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview dan dokumentasi, teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan dan verifikasi. Aspek pengelolaan kelas yaitu aspek pendekatan dan prinsip pembelajaran. Pendekatan pengelolaan kelas: pendekatan kekuasaan, pendekatan ancaman, pendekatan resep, pendekatan pengajaran, pendekatan pengubahan tingkah laku, pendekatan sosio-emosional, pendekatan kelompok, pendekatan elektis. Prinsip-prinsip pengelolaan kelas meliputi hangat dan antusias: guru yang hangat dan akrab, prinsip tantangan, bervariasi, keluwesan, penekanan pada hal-hal yang positif, penanaman disiplin diri. Faktor yang mempengaruhi pengelolaan kelas dalam menigkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PAI Kelas IV di SD Negeri 10 kepahiang adalah kondidi fisik meliputi aspek ruang kelas nyaman dan efektif, tempat duduk yang teratur, pentilasi yang cukup. Selain itu, kondisi sosio-emosional sangat mempengaruhi pengelolaan kelas, misalnya tipe kepemimpinan seorang guru, sikap guru, suara guru dan pembinaan pada peserta didik sangat mepengaruhi minat belajar siswa

References

Badrudin (2014). Manajemen Peserta Didik, Jakarta: PT Indeks.

Carolyn M. Evertson & Edmund T. Emmer (2011), Manajemen Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana.

Depdiknas, Undang-undang No. 20 tahun 2003, Sistem Pdndidikan Nasional.

Djamarah, Syaiful Bahri (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Karwati, Euis dan Priansa (2015), Donni Juni. Manajemen Kelas: Classroom Management: Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi, Bandung: Alfabeta.

Lie, Anita (t.th). Cooperative Learning/ Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: PT. Grasindo.

Rusydie, Salman (2011). Prinsip-prinsip Manajemen Kelas, Yogyakarta: Diva Press.

Wiyani, Novan Ardi (2013). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusi, Jojakarta: Ar-Ruzz Media.

____ (2012). Gagasan dan Upaya Menumbuh-kembangkan Jiwa Kewirausahaan Guru, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Articles