Upaya Meningkatkan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah Pada Taman Kanak-Kanak GOW Rejang Lebong Kelompok B4 Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • Nur Mufidah Kusuma Dewi TK Negeri GOW, Rejang Lebong

Keywords:

Kemampuan Membaca, Huruf Hijaiyah, Media Kartu Huruf

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak dalam membaca huruf hijaiyah sebelum melalui media kartu huruf, kemampuan membaca huruf hijaiyah setelah melalui media kartu huruf dan tingkat kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui media kartu huruf di TK GOW Rejang Lebong pada kelompok B4 dengan subjek penelitian 15 orang peserta didik. Pada siklus pertama kemampuan membaca huruf hijaiyah pada kelompok B4 di TK GOW Rejang Lebong yaitu: sebelum diadakan tindakan dinyatakan Belum Berkembang sebesar 46.66%, Mulai Berkembang 33,33%, Berkembang Sesuai Harapan sebesar 20%,dan Berkembang Sangat Baik 0%, Pada siklus II dinyatakan belum berkembang sebesar 0%, mulai berkembang sebesar 33.33%, berkembang sesuai harapan sebesar 46.66%, berkembang sangat baik sebesar 20%. Dan pada siklus III kemampuan membaca permulaan dinyatakan belum berkembang sebesar 0%, mulai berkembang sebesar 6.66%, berkembang sesuai harapan sebesar 53,33% berkembang sangat baik sebesar 40%.Dengan demikian pelaksanaan perbaikan pembelajaran dirasa telah berhasil oleh peneliti. Sehingga peneliti merekomendasikan penerapan kartu huruf dalam peningkatan membaca huruf hijaiyah

References

Arikunto, Suharsimi. (2008).Penelitian Tindakan Kelas,Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI, ( 1971). Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

https://text-id.123dok.com/document/8yd83896q-pengertian-metode-permainan-kartu-huruf-langkah-langkah-permainan-kartu-huruf.html

KH.As’ad, (2000).Buku Iqro’ Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an,Yogyakarta;Balai Litbang LPTQ Nasional.

Khadijah. (2015). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta.

Moeslichatoen, (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta; Rineka Cipta.

Rahman, Hibana S. (2005).Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta. PGTKI Press.

S. Sa’adah, (2006). Ilmu tajwid pedoman membaca al-qur’an, Surabaya: khazanah media ilmu,

Syaukani, (2015). Metode penelitian,Medan: perdana publising.

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Articles