Penerapan Model Problem Based Learning Pada Materi Mari Melaksanakan Salat Wajib Lima Waktu

Authors

  • Restu Famili SDN 165 Seluma

Keywords:

Problem Based Learning Materi Tentang Mari Melaksanakan Shalat Lima Waktu

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.Salah satu pengertian pembelajararan dikemukakan oleh Gagne (1977) yaitu pembelajaran adalah seperangkat peristiwa -peristiwa eksternal yang dirancang untuk mendukung beberapa proses belajar yang bersifat internal. Lebih lanjut, Gagne (1985) mengemukakan teorinya lebih lengkap dengan mengatakan bahwa pembelajaran dimaksudkan untuk menghasilkan belajar, situasi eksternal harus dirancang sedemikian rupa untuk mengaktifkan, mendukung, dan mempertahankan proses internal yang terdapat dalam setiap peristiwa belajar. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana cara guru membimbing siswa-siswi yang mengalami kesulitan pada mata pelajaran PAI, yang berhubungan dengan salat dalam hal ini salat lima waktu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research dengan melaksanakan satu siklus karena siswa telah mencapai hasil belajar di atas KKM. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning, terdapat peningkatan aktivitas guru, peningkatan aktivitas peserta didik dan peningkatan hasil belajar peserta didik

References

Dessy Anwar, Kamus Lengkap Bahasan Indonesia, Surabaya: Karya Abditama, 2001

Hartono, Analisis Item Instrumen: Analisis Tes Hasil Belajar dan Instrumen Penelitian, Pekanbaru: Zanafa Publishing, 2010.

Indrawati dan Wawan Setiawan, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Jakarta: P4TK IPA, 2009.

Isjoni Ishak, Based Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok, Bandung:Alfabeta, 2007.

Jasiah, dkk. Metodologi Penelitian untuk PGSD/PGMI, Yogyakarta: Nuta Media 2020

Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

M. Ismail Yusanto, dkk, Menggagas Pendidikan Islam, Bogor: Al-Azhar Press, 2011

Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2010

Ngalim Purwanto. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011

Suharsimi Arikunto, dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2010

Syahrilfuddin. dkk. Penelitian Tindakan Kelas, Pekanbaru: Cendikia Insani, 2011

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Integrasi dan Kompetensi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005

Wardhani, I.G.A.K. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: UT

Zakiah Darajat, dkk. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Articles