Kendala Dan Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Siptinaria SD Negeri 54 Kaur

Keywords:

Peran orang Tua, Pembelajaran, Masa Covid-19

Abstract

Pendidikan selama masa pandemi covid-19 ini berjalan dengan cara yang berbeda dengan masa-masa sebelumnya. Terkhusus dalam Proses Belajar Mengajar, dimana sebelum masa pandemi covid-19 melanda proses belajar mengajar berjalan dengan pembelajaran tatap muka dan menggunakan sarana dan prasarana yang ada di sekolah Pandemi Covid-19 berdampak pada multisektor, salah satunya adalah sektor pendidikan. Menjadi orang tua merupakan salah satu tanggung jawab penting untuk mengasuh, membimbing, dan mendidik anak agar dapat menggali potensi dirinya dan membentuk pribadi yang baik. Tujuan. dari penelitian ini adalah untuk. mendeskripsikan peran orang tua dalam mendampingi keberhasilan belajar anak selama masa pandemi dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi orang tua selama mendampingi pembelajaran di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data Wawancara, Dokumentasi, Kuesioner Hasil analisis data wawancara orang tua dalam proses pendampingan parenthood in home learning memiliki kriteria “baik”. Terbukti dari hasil angket peran dan kendala orang tua dalam pendampingan pembelajaran di rumah dengan “cukup baik”, dengan beberapa kendala yang ada. Kendala kesulitan pemahaman materi bagi orang tua yang dilatarbelakangi kriteria pendidikan rendah untuk belajar anak. Serta kendala pembagian waktu antara bekerja dan menemani belajar anak di rumah pada kriteria tingkat ekonomi orang tua. Peran orang tua dalam mendampingi pembelajaran di rumah sangat berpengaruh. Karena dalam kondisi saat ini orang tua dituntut untuk membimbing, memberikan dukungan, dan memotivasi anak agar tetap semangat dalam melaksanakan. proses belajar online. Terlepas dari keadaan orang tua, harus tetap mengkondisikan waktu, tenaga dan pikiran untuk si anak. Untuk menghadapi kondisi ini, orang tua juga harus mengikuti dan meningkatkan kemampuan berpikir dan belajarnya

References

Gusmaniart. (2019). Pendampingan Oran gtua Dalam Pembelajaran Daring di SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol (2) 89-95.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Lutfiah, S., Z. (2020). Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online Di RumahSelama Pandemi Covid-19. Jurnal Dealektik. Vol. 2 (2) 2655-8491.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantiatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Articles