Pengajaran Efektif: Pengetahuan dan Keterampilan Guru PAI dari Perspektif Psikologis

Authors

  • Suriati SMP Negeri 6 Rejang Lebong

Keywords:

Pembelajaran Agama Islam; Pembelajaran Efektif; Profesional; Pedagogik; Psikologi

Abstract

Peningkatan metode pengajaran adalah salah satu kontribusi terpenting yang telah dibuat dalam bidang psikologi pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui banyak faktor yang berkontribusi terhadap pembelajaran pendidikan agama islam (PAI-Pendidikan Agama Islam) yang efektif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi kepustakaan, yang meliputi pengumpulan bahan dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal ilmiah, dan karya lain yang berkaitan dengan pembelajaran PAI yang efektif. Temuan penelitian ini kemudian dianalisis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan kemampuan berikut diperlukan untuk pengajaran PAI yang efektif. Diantaranya: penguasaan ilmu PAI (dimensi profesional); praktik pengajaran yang sesuai dengan perkembangan, mengajar secara efektif dengan siswa dari berbagai latar belakang budaya, memperhatikan variasi individu, keterampilan komunikasi, keterampilan memotivasi, keterampilan manajemen kelas, dan komitmen dan motivasi (dimensi psikologis). Komponen psikologis mengandung informasi terbesar jika dibandingkan dengan dimensi profesional dan pedagogis, menunjukkan bahwa instruksi PAI yang sukses memerlukan tingkat keahlian psikologis tertentu.

References

Anderman, Eric M., dan Christopher A. Wolters. 2006. “Goals, Values, and Affect: Influences on Student Motivation.” Hlm. 369–89 dalam Handbook of educational psychology. Mahwah, NJ, US: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Anon. t.t.-a. “PP Nomor 32 Tahun 2013.pdf.”

Anon. t.t.-b. “UU 14-2005 Guru dan Dosen.pdf.”

Blumenfeld, Phyllis C., Toni M. Kempler, dan Joseph S. Krajcik. 2006. “Motivation and Cognitive Engagement in Learning Environments.” Hlm. 475–88 dalam The Cambridge handbook of: The learning sciences. New York, NY, US: Cambridge University Press.

Bordova, Elena, dan Deborah J. Leong. 2007. Tools of the Mind The Vygotskian Approach to Early Childhood Education. New Jersey: Pearson.

Brown, G., dan M. Atkins. 1988. Effective Teaching in Higher Education. New York: Routledge.

Darling-Hammond, L., dan J. Bransford. 2005. Preparing teachers for a changing world: What teachers should learn and be able to do. The National Academy of Education.

Jalbani, Laraib N. 2014. The Impact of Effective Teaching Strategies on the Students’ Academic Performance and Learning Outcome: Literature Review. GRIN Verlag Publishing.

Kauffman, Carol. 2006. “Positive Psychology: The Science at the Heart of Coaching.” Hlm. 219–53 dalam Evidence based coaching handbook: Putting best practices to work for your clients. Hoboken, NJ, US: John Wiley & Sons Inc.

Khoiron, Muhammad, Neni Wahyuningtyas, dan Miftakhuddin. 2020. “Revitalization of Social Studies Education: A Developmental Study Based on Dick and Carey Instructional Design.” dalam Proceedings of the International Conference on Social Studies and Environmental Issues (ICOSSEI 2019). Kota Malang, Indonesia: Atlantis Press.

Latipah, E., Kistoro, Hanif Cahyo Adi, F. Fitria, dan H. Putranto. 2020. “Elaborating motif and Psychological impact of sharenting in millennial parenting. Universal Journal of Educational Research.” Universal Journal of Educational Research 8 (10):4807-4817.

Lawson, Cody Long. 2010. “A Review of ‘Social Studies on the Internet.’” The Social Studies 101(1):35–35. doi: 10.1080/00377990903284021.

Oematan, Getreda Yosmi. 2007. “THE IMPLEMENTATION OF GENRE-BASED APPROACH IN THE TEACHING OF ENGLISH AT SMA NEGERI 1 SURAKARTA (A Naturalistic Study in 2007).” 152.

Pressley, Michael, Lindsey Mohan, Lisa M. Raphael, dan Lauren Fingeret. 2007. “How does Bennett Woods Elementary School produce such high reading and writing achievement?” Journal of Educational Psychology 99:221–40. doi: 10.1037/0022-0663.99.2.221.

Santrock, J. W. 2008. Educational Psychology. New York: McGraw Hill.

Tasman, H. 2021. “Al-Qur’an sebagai sumber Pendidikan islam multikultural. Proceeding Webinas.” Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Articles