Efektivitas Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Di SDN 108 Kaur

Authors

  • Wita Fitri Handayani SDN108 Kaur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI sebelum menggunakan model talking stick dan sesudah menggunakan model talking stick di kelas IV SDN 108 Kaur. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, dokumentasi, dan teknik pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan dengan sampel kelas IV SDN 108 Kaur yang berjumlah 15 siswa sebagai responden. Hasil sebelum menggunakan model talking stick nilai rata-ratanya 61,6 skor Sedangkan hasil nilai sesudah menggunakan model rendahnya 65 dan skor tertingginya 100. Hasil penelitian yang didapati bahwa sebelum menggunakan model talking stick siswa cenderung kejenuhan dalam proses pembelajaran, sedangkan sesudah mengguankan model talking stick siswa menjadi semangat dan aktif dalam belajar. Hal ini bahwa nilai rata-rata sebelum dan sesudah mengalami peningkatan yang signifikan. Dapat dilihat bahwa nilai rata-rata pretest 61,6, sedangkan nilai rata-rata posttest 94,3 sehingga ada peningkatan sebanyak 32,7. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa Pada pengujian hipotesis, dilakukan perhitungan dengan pengujian thitung. Dari hasil perhitungan pretest thitung 61,67 sedangkan nilai posttest sebesar 94,33. Berdasarkan data tersebut diketahui thitung 61,7 > 94,33, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara nilai pretest dan posttest. Artinya, penggunaan model pembelajaran talking stick dianggap efektif terhadap pembelajaran PAI di kelas IV

References

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Anni, C. T. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang. Unnes Press.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajarfisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Djamarah, S. (2008). Psikologi Blajar. jakarta: PT Rineka Cipta.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Fathurrohman, M. (1919). Budaya religius dalam peningkatan mutu pendidikan: tinjauan teoritik dan praktik kontekstualisasi pendidikan agama di sekolah. -.

Fatimah, S., Affandi, A., & Munjiat, S. M. (2020). Pengaruh Penerapan Teknik Pembelajaran Card Sort (Pemilihan Kartu) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Cirebon Desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hariko, R. (2017). Landasan filosofis keterampilan komunikasi konseling. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 41–49.

Indriana, D. (2011). Mengenal ragam gaya pembelajaran efektif. Yogyakarta: Divapress. Pangesti, I. R. (2018). Pengaruh Pendapatan, Religiusitas dan Lingkungan Terhadap

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Motivasi Masyarakat Dalam Membayar Zakat Infaq Shadaqah (Studi Kasus di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang). Universitas Brawijaya.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Sada, H. J. (2015). Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur’an. Al-Tadzkiyyah: Jurnal PendidikanIslam, 6(1), 93–105.

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulasteri, S., Rahman, U., Wahyuni, S., & Sriyanti, A. (2019). Penerapan Pendekatan Savi Dengan Mengintegrasikan Ayat-Ayat Alquran Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 5(2), 243–257.

Syafarina, L., Mulyasa, E., & Koswara, N. (2021). Strategi Manajerial Penguatan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2036– 2043.

Syamsu, Y., & Nurihsan, J. (2005). Landasan bimbingan dan konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tumanggor, R. O. (2019). Analisa Konseptual Model Spiritual Well-Being Menurut Ellison Dan Fisher. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(1), 43– 53.

Wirawan, Y. R. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri Bandarkedungmulyo Jombang Tahun Ajaran 2012/2013. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 2(2).

Downloads

Published

2022-10-06

Issue

Section

Articles