Konsep Dasar Pendidikan Dalam Islam: Ta’lim, Tarbiyah, Dan Ta’dib

Authors

  • M. Asymar A. Pulungan SMPN 2 Muarasipongi

Keywords:

Konsep Dasar, Pendidikan Islam, Ta’lim, Tarbiyah, Ta’dib

Abstract

Konsep dasar yaitu; Al-Qur'an, Sunnah dan ijtihad serta Pendidikan dalam perspektif Islam meliputi tiga konsep, yaitu: (1) Konsep Ta'lim; proses pendidikan yang mengarah pada aspek kognitif, dengan mengembangkan kemampuan, keterampilan siswa, (2) konsep tarbiyah; proses pengajaran untuk mengembangkan, membina yang meliputi kognitif, afektif, dan psikomotorik. (3) konsep Ta'dib; Pendidikan yang menekankan pada aspek afektif, sehingga dapat membentuk pribadi yang beriman dan beramal shaleh. Ta'dib terbagi menjadi 4 jenis yaitu: (a) Ta'dibadab al-haqq, (b) Ta'dibadab al-khidmah, (c) Ta'dibadab al-syari'ah, (d) Ta'dibadab al- suhbah. Dalam pendidikan Islam peserta didik harus mampu mengembangkan kemampuannya dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik serta harus ada keseimbangan antara ketiga ranah tersebut, agar dapat mewujudkan sosok pribadi yang taqwa dan bertakwa serta menjalani kehidupan sebagai manusia. .

References

Abdul Mujib, Ilmu Pendidikan Islam, Kencana Prenada Media, Jakarta: 2006.

Al-Rasyidin, Filsafah Pendidikan Islam, Citapustaka Media Perintis, Bandung: 2008.

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Arif, Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Daradjat Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta: 1996.

Daud Ali, Muhamad dan Daud, Habiba. Lembaga-lembaga Islam di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1995.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Http://samsenyum.blogspot.com/2013/02/konsep-pendidikan-menurut-islam.html.

Jalaludin, Teologi Pendidikan, PT. Raja Grafindo, Jakarta: 2003.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Langgulung Hasan, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam, Al-Ma’arif, Bandung: 1980.

Mahmud Ali Abdul Halim, Pendidikan Ruhani, Gema Insani Press, Jakarta: 2000.

Muhammad Al-Naquib Al-Attas, Konsep Pendidikan Dalam Islam. Mizan, Bandung: 1984.

Muhammad Omar Al-Toumy Al-Syaibani, FalsafahAt-Tarbiyah AlIslamiyah, Bulan Bintang, Jakarta: 1979.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Nasir Ridwan, Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Pustaka Belajar, Yogyakarta: 2005.

Nata Abuddin, Kafita Selekta Pendidikan Islam, Angkasa, Bandung: 2003.

Nizar, Samsul, Pengantar Dasar-Dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2001.

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Tafsir Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam perspektif Islam, Remaja Rosda Karya, Cet. Ke-4, Bandung: 2001.

Yayasan Penyelenggara Penerjemah Penafsiran Al-Qur’an, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Departemen Agama RI, Jakarta: 1989.

Zuhairini. Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta: 1995.

Downloads

Published

2022-10-09

Issue

Section

Articles