Kajian Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Payung Tahun 2021

Authors

  • Bahrum Gozali Daulay SMPN 1 Payung, Karo

Keywords:

Profesional, Guru, Prestasi, Belajar, Siswa

Abstract

Profesionalisme seorang guru sangat diperlukan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa termasuk siswa di SMP Negeri 1 Payung Kabupaten Karo, karena guru atau pendidik memiliki peran dan tanggung jawab yang penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Adapun guru professional itu sendiri adalah guru yang berkualitas, berkompetensi, dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan prestasi belajar serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa, yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang jebih baik Kompetensi guru yang diteliti meliputi empat kategori. Pertama, kemampuan guru dalam merencanakan program belajar mengajar. Kedua, kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran. Ketiga, kemampuan guru dalam melaksanakan dan memimpin/mengelola proses belajar mengajar. Dan keempat, kemampuan dalam menilai kemajuan proses belajar mengajar.Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat ditunjukkan dalam bentuk nilai yang diberikan guru berupa raport yang merupakan hasil dari beberapa bidang studi yang telah dipelajari oleh peserta didik. Setelah penelitian ini dilakukan, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara profesionalisme guru dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Payung

References

Abu Muhammad bin Khallad Ad-Dimyati (2003).Hadis Shahih Keutamaan Amal Shalih. Jakarta: Najla Press, 11

Arifin, H. M, (1995) Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum), (Jakarta: Bumi Aksara, 105.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2002), Kamus Besar Bahasa Indonesia,

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Jakarta: Balai Pustaka, 895.

Kristiawan, Muhammad & Nur Rahmat (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra : KajianIlmu Pendidikan,1. https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.348.

Kunandar (2007). Guru Profesional Implementasi KTSP dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (PT. Remaja Rosda Karya: Bandung, 75-173.

Slameto (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yng Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta, 2.

Usman, M. Uzer (2006), Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 14-15.

Downloads

Published

2022-10-09

Issue

Section

Articles