Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Materi Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-Malaikat Allah SWT Melalui Metode Make A Match

Authors

  • Ari Jayanti SMPN 12 Rejang Lebong

Keywords:

Metode Make a Match, PAIBP, Hasil belajar, Malaikat.

Abstract

Penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yang ditemukan oleh peneliti “Apakah dengan menerapkan metode Make a match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam ingin meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah swt di kelas VII.B SMP Negeri 12 Rejang Lebong”. Peneliti menggunakan Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam penelitian ini. Yang menjadi subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.B SMPN 12 Rejang Lebong. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) metode observasi partisipan karena pendidik sebagai peneliti sekaligus mengamati dan juga diamati secara langsung oleh kolaborator, se;anjutnya kolaborator juga melakukan pengamatan terhadap keaktifan guru dan peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung. (2) metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah mengerjakan soal yang diberikan diakhir pembelajaran pada tiap siklusnya. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yang digunakan, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Adapun data kuantitatif yang diperoleh berfungsi untuk mengolah nilai rata-rata kelas dan persentasenya. Sedangkan data kualitatif dianalisis melalui teknik analisis data yang melalui beberapa tahapan yaitu dari pemaparan data, reduksi (data yang sudah ada di cek dan dicatat kembali), kategorisasi (data dipilah-pilah), penafsiran dan penyimpulan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan. Tahap pertama adalah kegiatan pra siklus dengan metode ceramah dengan hasil nilai rata-rata 60,43 yang dicapai oleh 12 peserta didik yang tuntas dari 23 peserta didik dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65 dengan ketuntasan peserta didik 52,17%. Tahap kedua siklus I hasil nilai rata-rata kelasnya 70,87 yang dicapai oleh 16 peserta didik yang tuntas dari 23 peserta didik. Dengan ketuntasan mencapai 69,57%. Tahap ketiga siklus II dengan nilai rata-rata kelas 76,09 yang dicapai oleh 19 peserta didik dengan ketuntasannya mencapai 82,61%. Berdasarkan data tersebut dengan penerapan metode Make a Match, siklus I dan II dapat diketahui ada peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya metode Make a Match.

References

Abuddin Nata, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, (Kencana: Jakarta, 2009)

Arikunto, Suharsimi,dkk, Penelitian Tindakan Kelas, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2009)

Aziz, Abdul, Pelajaran Tauhid Untuk Tingkat Lanjut (Jakarta: Darul Haq, 2014)

Burhanudin, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Bumi Aksara, 2007)

Daryanto, Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010)

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

Hadi, Samsul, Penggunaan Metode Smart Game & Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta didik Dalam Menyebutkan Nama Dan Tugas Malaikat Allah, (Jurnal Paradigma Volume 2, Nomor 1, November 2015: ISSN 2406-9787).

Huda, Miftahul, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014)

Muhammad, Syaikh, Prinsip-prinsip Dasar Keimanan (Riyadh: Haiatul Iqhatsah Al- Islamiah Al-Alamiah, 2003)

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014 )

Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013)

Sanjaya, Wina, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Kencana, 2011)

Parihah, Siti, Penggunaan Metode Smart Game dan Pembelajaran Kooperatif tipe make a match untuk Meningkatkan Kemampuan menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas Malaikat allah di kelas VII.b a smp nu shofiyatul huda Cianjur, (Jurnal Atthulab, Volume : III, Nomor 1 2018/1439)

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, (Bandung: Rineka Cipta, 1991)

Sulaiman, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), (Aceh: Yayasan PeNA Banda Aceh, 2017)

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Berbasis Integrated dan Kompetensi, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008)

Downloads

Published

2022-10-09

Issue

Section

Articles