Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) (Studi Kasus di SMPN 12 Bengkulu Tengah)

Authors

  • Devi Gustina Ningsih SMPN 12 Bengkulu Tengah

Keywords:

: Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), PAI Terpadu, Hasil Belajar, Sekolah Menengah

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh strategi yang paling tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 12 Bengkulu Tengah sampai taraf yang seharusnya mereka capai (minimal nilai 7,5) dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran PAI. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes akhir dan pengamatan. Instrumen penelitian ini yaitu lembar observasi dan lembar tes tertulis. Data observasi dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif argumentatif. Data tes dianalisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) untuk 14 butir aspek yang diamati, aktivitas guru pada siklus I, 9 butir aspek baik, 5 butir aspek cukup. Aktivitas siswa pada siklus I, 7 butir aspek baik, 7 butir aspek cukup. Aktivitas guru pada siklus II, 14 butir aspek baik. Aktivitas siswa pada siklus II, 14 butir aspek baik. Langkah-langkah pembelajaran yang paling tepat pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe beririm salam dan soal berdasarkan penelitian ini adalah: (a) guru menyampaikan apersepsi secara variatif; (b) guru menyampaikan tujuan pembelajaran, tulisan guru rapi dan menarik; (c) guru menyajikan materi; (d) guru membagi siswa dalam kelompok heterogen, suasana kelas kondusif; (e) guru membagikan dan menjelaskan langkah kerja LKS; (f) Guru memberikan nomor yang berbeda kepada masing-masing individu siswa; (g) siswa berdiskusi; (h) guru membimbing dan memberikan penguatan secara merata; (i) guru menunjuk salah satu nomor untuk menjawab pertanyaan yang ada mewakili kelompoknya; (j) wakil kelompok menyampaikan hasil diskusi di depan kelas; (k) guru memantapkan jawaban siswa; (l) jawaban yang benar mendapat poin; (m) guru memberikan kesempatan bertanya; (n) guru membantu siswa menyimpulkan materi; (o) guru memberikan evaluasi dan tindak lanjut. (p) hasil belajar pada siklus I rata-rata nilai 7,10, persentase ketuntasan belajar klasikal 70%, pada siklus II rata-rata nilai 7,67, persentase ketuntasan belajar klasikal 88,88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat diperoleh strategi pembelajaran yang paling tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa sampai taraf yang seharusnya mereka capai (minimal nilai 7,5) dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas VIII SMPN 12 Bengkulu Tengah

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

------. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas. (2007). Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Hasibuan, J, 1985. Proses Belajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

http://atmmuharam.blogspot.com/2009/01/model-model-pembelajaran.html Diakses oleh Rafiatun Nisa 19/3/2010

http://pjjpgsd.upi.edu/moodle/file.php/1/moddata/forum/1/593/MATERI_WEB.pdf Diakses oleh Rafiatun Nisa 10/2/2010

http://makalah-konsep-pendidikan-pai-dan-file.html. Diakses oleh Rafiatun Nisa 10/2/2010

http://pustaka.ut.ac.id/puslata/pdf/70071.pdf Diakses oleh Rafiatun Nisa 21/4/2010

http://technonly13.wordpress.com/20090704/pengertianbelajardanĀ¬pembelajaran.ht Diakses oleh Rafiatun Nisa 10/2/2010

http://re-searchengines.com/0805arie. Diakses oleh Rafiatun Nisa 10/2/2010

http://www.scribd.comdoc/21/22/94/08/JURNALAbdhyGunawanMAbdullah.htm Diakses oleh Rafiatun Nisa 10/2/2010

Isjoni. 2009. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lie, A, 2007. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Muslich, Masnur. 2008. Pembelajaran Berbasis Kompetensi Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nursid, S, 1997. Konsep Dasar PAI. Jakarta: Depdikbud Universitas Terbuka.

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sagala, S, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Solihatin, Etin & Raharjo. 2008. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran PAI. Jakarta: Bumi Aksara.

Somantri, M, N dan Wasliman, 2002. Portofolio Dalam Pembelajaran PAI Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wardani, I, dkk, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin s, dkk. 2007. Materi dan Pembelajaran PAI Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-10-09

Issue

Section

Articles