Pola Kerjasama Antara Sekolah Dan Orang Tua Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Muhammad Akil Badillah SD Negeri 43 Seluma

Keywords:

Pola Kerjasama, Sekolah dan Orang tua, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola kerjasama seperti apa yang dilakukan antara sekolah dan orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk deskriptif. Adapun metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola Kerjasama yang dilakukan sekolah dengan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah POMG, Home Visit, buku penghubung sekolah dan orang tua,serta komunikasi via telpon ataupun surat. Factor pendukung dari pihak sekolah yaitu guru mempunyai kompetensi sosial, loyalitas dan etos kerja yang tinggi. Sedangkan factor pendukung dari orang tua yaitu keluangan waktu, pro aktif dalam berkomunikasi dengan pihak sekolah, mendukung semua program sekolah, serta selalu terbuka dengan pihak sekolah. Factor penghambat dari pihak sekolah yaitu kurang maksimalnya pihak sekolah dalam berkomunikasi dengan orang tua siswa, beberapa siswa ada yang tidak menyampaikan pesan atau informasi ke orang tuanya. Sedangkan factor penghambat dari pihak orang tua yaitu kesibukan orang tua dengan pekerjaannya.

References

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hasbullah. (2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

M Dalyono. (1997). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

M Ngalim Purwanto. (1990). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Muhaimin. (1991). Konsep Pendidikan Islam. Solo : Ramadhan.

Muhibbin Syah. (1999). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Logos Wacana Ilmu.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Reni Kbar Hawadi. (2004). Akselerasi. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bina Aksara.

Syaiful Bahri Djamarah. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Downloads

Published

2022-10-09

Issue

Section

Articles