Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Tujilah SMPIT Cahaya Robbani Kabupaten Kepahiang

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Discovery Learning; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Discovery Learning (DL)terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMPIT Cahaya Robbanii Kabupaten Kepahiang Tahun Pelajaran 2021-2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang digunakan model spiral dari C. Kemmis & Mc Taggart dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni, 1) perencanaan tindakan 2) pelaksanaan tindakan dan observasi dan 3) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMPIT Cahaya Robbanii Kabupaten Kepahiang yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian dengan menggunakan butir soal. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif yakni membandingkan hasil belajar mengenal nama Allah dan kitab-kitab-Nya berdasarkan ketuntasan belajar, skor minimal, skor maksimal dan skor rata-rata pra siklus, siklus 1dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar mengenal nama Allah dan kitab-kitabNya dapat diupayakan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Discovery Learning (DL) semester 1 tahun Pelajaran 2022-2023terbukti. Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya hasil belajar mengenal nama Allah dan kita-kitabNya dari pra siklus, siklus 1 ke siklus 2. 1) Hasil belajar berdasarkan ketuntasan belajar dengan KKM ≥ 70 meningkat dari pra siklus ke siklus 1 dan siklus 2 yakni dari 0%, 57,14% dan 85,72%; 2) Hasil belajar berdasarkan skor minimal dari pra siklus ke siklus 1 dan siklus 2 yakni dari 25: 55: 65; 3) Hasil belajar berdasarkan skor maksimal dari pra siklus ke siklus 1 dan siklus 2 yakni 60; 90; 100; 4) Hasil belajar berdasarkan skor rata-rata dari pra siklus ke siklus 1 dan siklus 2 yakni dari 47,14: 72,14: 82.85. PTK ini dikatakan berhasil, yang ditunjukkan oleh besarnya persentase siswa yang mencapai hasil belajar tema berbagai pekerjaan tuntas belajar dengan KKM ≥ 70, mencapai 85,72% lebih tinggi dari 80 % dari 7 siswa yang ditetapkan dalam indikator keberhasilan PTK

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Surabaya: Rineka Cipta.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Karli dan Yuliariatiningsih. 2022.“kelebihan dan kelemahan pembelajaran kooperatif” artikel diakses pada 17 Januari 2022 dari http:// kelebihan dan kelemahan pembelajaran kooperatif. Html

Makawimbang. 2011. Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Naniek Sulistiya Wardani, Slameto. 2012. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Salatiga: Widya Sari Press.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadiman, Arief S dkk. 2009. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatanny. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan maknah pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Prolematika dan Mengajar. Bandung, Alfabeta.

Sudjana, Nanah. 2004. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

. 2005. Evaluasi Penilaian Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning,. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-10-09

Issue

Section

Articles