Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Komparatif di SD Negeri 17 Rejang Lebong dan SD Negeri 26 Lebong)
Keywords:
Pengelolaan, Pembelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstract
Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan perbandingan pengelolaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 17 Rejang Lebong dan SD Negeri 26 Lebong. Penelitian ini adalah penelitian komparatif, dimana data yang diambil dan dikumpulkan dari kedua sekolah yang menjadi sasaran penelitian dianalisis secara deskriptif dengan melakukan perbandingan (compare). Teknik pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan adalah dengan metode kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan secara umum terdapat banyak sekali kesamaan diantara kedua sekolah ini antara lain, pembelajaran pendidikan agama Islam telah melalui perencanaan yang baik dengan adanya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berpatokan pada silabus. Perbedaan yang bisa ditemui dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam di SD Negeri 17 Rejang Lebong lebih banyak berinovasi dan dituntut kreatif dimulai dari penyusunan perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi, hal ini dikarenakan rata-rata siswa di SD Negeri 17 Rejang Lebong memiliki kemampuan pemahaman agama Islam yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan siswa di SD Negeri 26 Lebong.
References
Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.
Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.
Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.
Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.
Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.
Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.
Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.
Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Moleong, Lexy J. 2008. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.
Nurdin, Usman. 2005. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 22 Tahun 2016 tentang standar proses
Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 23 Tahun 2016 tentang standar penilaian
Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fera Anisa Yati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.