Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Variatif di SDN 04 Seluma
Keywords:
Media Belajar, Hasil Siswa, Media Variatif, Hasil BelajarAbstract
Keterlibatan siswa dalam kelas merupakan salah satu hal terpenting dalam pendidikan di Indonesia karena berhubungan dengan tingkat pemahaman dan hasil belajar siswa. Namun, dalam prosesnya sebagian besar siswa tidak tertarik untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengobservasi, mendokumentasi, dan meneliti apakah penggunaan media variatif yang dimaksudkan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD terkhususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Sampel penelitian adalah 20 siswa kelas III SDN 04 Seluma yang datanya diambil dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Metode penelitian menggunakan tiga siklus tindakan, yaitu pra siklus (belum ada tindakan), siklus I (tindakan media audio visual), dan siklus II (media variatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus, hanya ada tiga siswa yang mendapat nilai di atas 70 (KKM) dengan persentase ketuntasan di kelas 15%. Selanjutnya, siklus I menunjukkan hasil ketuntasan sebesar 40% (delapan siswa) dan siklus II menunjukkan hasil ketuntasan 90% (18 siswa). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil ketuntasan sebanyak 75% pada siklus II. Peneliti merekomendasikan penelitian berikutnya untuk mengembangkan hasil penelitian dengan menggunakan media lain dan diujikan pada mata pelajaran yang lain.
References
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta
Ali, Muhammad. 1992. Guru dan Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Biru.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2004 Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahari dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rieneka CIpta
Hamalik, Omar. (2012). Pendekatan Baru Strategi Belajra mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Jannah, Rodhatul. 2009. Media Pembelajaran, Banjarmasin: Antasari Pers.
Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta
Sadiman, S. Arif, dkk. 2005. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2012. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Wahidmurni, dkk. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Nura Litera
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Eva Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.