Peningkatan Nilai Spiritualitas Melalui Praktek Ziarah Pada Makam Ulama

Authors

  • Bahagia Hadi SMA Negeri 3 Bireuen

Keywords:

Spiritualitas, Ziarah, Makam

Abstract

Tradisi ziarah makam merupakan sesuatu yang sudah berlangsung sejak lama pada masyarakat muslim. Ziarah makam selain sebagai sebuah tradisi juga merupakan salah satu hal yang dianjurkan dalam agama Islam. Permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan ziarah makam seringkali terdapat dalam persepsi masyarakat itu sendiri, terutama tentang pengetahuan ziarah makam pada makam-makam tertentu seperti pada makam para ulama. Ziarah makam bagi sebagian masyarakat tidak hanya sekedar upaya melestarikan adat dan melaksanakan yang diperintahkan dalam Islam sepeti halnya sebagai pengingat agar bisa mengambil pelajaran yang positif. Persepsi masyarakat terhadap ziarah makam adakalanya berbeda-beda sesuai dengan motif yang mereka punya saat berziarah. Nilai spiritual adalah berasal dari kata spirit yang disebut jiwa istilah spiritual juga didefinisikan sebagai suatu pengalaman manusia secara umum maupun khusus dari suatu pengertian akan makna, tujuan dan moralitas. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research) yang datanya diperoleh dari hasil membaca dan pengumpulan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian, Seperti data primer dan data sekunder. Setelah mendapatkan data, kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan metode membaca pada tahap simbolik, yakni membaca yang dilakukan tidak menyeluruh melainkan menangkap isi dari data tersebut. Pembahasan mengenai hal tersebut, bercermin dari suatu tradisi ziarah makam yang merupakan suatu ibadah ritual yang masih berlansung di lestarikan dikalangan masyarakat hingga saat ini. Tujuan ziarah makam selain mendoakan ahli kubur, juga mengingatkan para penziarah tentang kehidupan setelah mati. Agar dapat mengintrospeksi diri dalam perilaku perbuatan di dunia ini. Nilai spiritual adalah nilai yang terdapat dalam diri manusia yang mencakup nilai estetika, nilai moral, nilai religius, nilai kebenaran dan pengetahuan. Tujuan utama spiritualitas adalah untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa seseorang, meningkatkan kualitas ibadah, meningkatkan akhlak, tercapainya perdamaian hakiki dan keselamatan dunia akhirat

References

Abidin, Zainal. Alam Makam dan Seluk Beluknya, Solo : Rineka Cipta, 1991.

Adi s. Artikel; Pengertian Peningkatan Menurut Para Ahli, diakses dari http://www.duniapelajar.com/2014/08/08/pengertian-peningkatan-menurut-paraahli.

Agustian, Ary Ginanjar. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ), dalam Amal Al Ahyadi, Skripsi: Emotional Spitual Quotient (ESQ) Menurut Ary Ginanjar Agustian dan Relevansinya dengan Pembangunan Kompetensi Sosial Kurikulum 2013, Semarang: UIN Ulamasongo, 2015.

Ahsana Mustika Ati, skripsi: Pengelolaan Ziarah; Studi Kasus Makam Sultan Hadiwijaya Untuk Pengembangan Dakwah, Semarang: Institut Agama Islam Ulamasongo, 2011.

Bakhtiar, Amsal, Filsafat Agama, PT Raja Grafindo, Jakarta, 2009.

Ja’far Subhani, Syaikh. Tawasul Tabarruk Ziarak Makam Karomah Wali, Cet. Ke3, Pustaka Hidayah, Jakarta, 2001.

Jalaluddin, Psikologi Agama, (Raja Gravindo Persada: Jakarta, 2004).

M. Chabib Thoha, Kapita Selekta Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996).

M.w. shafwan, wacana spiritual timur dan barat, (yogjakarta: penerbit qolam, 2000).

Martokoesoemo, Priatno H. Spiritual Thinking, Jakarta: Mizania, 2007.

Munawwir Abdul Fatah, Tuntunan Praktis Ziarah. 2009.

Purwadi. Jejak Para Wali dan Ziarah Spiritual. Jakarta: Kompas, 2006.

Pusat Bahasa, KBBI, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Ruslan, Menyingkap Rahasia Spiritualitas Ibnu Arabi, (Makassar: Al-Zikn, Cet. I, (2008).

Selamat, Muhammad Isa. Penawar Jiwa & Pikiran, Jakarta : Kalam Mulia, 2005.

Seyyed Hussein Nasr, Tasawuf Dulu Dan Sekarang, Terj : Abdul Hadi W.M. (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1991).

Syahidin dkk, Moral dan Kognisi Islam, (Buku Teks Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi), (Bandung: CV ALFABETA, 2009).

The Burckhardr, Mengenal Ajaran Kaum Sufi, (Jakarta, Pt. Dunia Pustakajaya, 1984).

Zainuddin Ibnu Najim, Al-Bahr Al-Raiq Syarh Kanzud Daqaid, (Riyadh: Dar Alam Al-Kutub, 2002), 382-383.

Downloads

Published

2022-10-09

Issue

Section

Articles