Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)

Authors

  • Fitriani SDN 61 Rejang Lebong

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran PAI, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 61 Rejang Lebong yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini mengadopsi desain penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan II, diketahui bahwa peningkatan daya serap klasikal dari 59,2% menjadi 70% dan ketuntasan klasikal dari 52% menjadi 80%. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti.

References

Beer, J. (2003). Grouping and Achievement in Cooperative Learning. College Teaching

BSNP. (20067). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PAI untuk SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Johnson, D.W., dan Johnson R.T. (1999). Making Cooperative Learning Work Theory Practice. 38, 1-73

Karimah, Sayyidatul. (2013). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. FKIP Universitas Pekalongan. ISSN 2203-3983. Vol. 1 (1)

Nurliza. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pena Edukasi. ISSN 2407-0769. Vol. 4 No. 1, Januari 2017.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Slavin, R.E. (1983). When Does Cooperative Learning Increase Stident Achievement? Psychological Bulletin. Vol. 94 (3)

Widi, A. Wisudawati dan Eka S. (2014). Metodologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-10-09

Issue

Section

Articles