Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Ayo Membayar Zakat Melalui Metode Make To Match Pada Siswa Kelas VI SDN 156 Rejang Lebong Tahun Pelajaran 2022-2023

Authors

  • Kurnia SD Negeri 156 Rejang Lebong

Keywords:

Prestasi Belajar PAI, Materi Ayo Membayar Zakat, Metode Make to Match

Abstract

Pendidikan dengan materi zakat sangat penting untuk di berikan kepada peserta didik karena akan menanamkan rasa sosial dan rasa kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitar terutama lingkungan tempat tinggal mereka. Dengan demikian untuk meningkatkan prestasi belajar PAI pada materi ayo membayar zakat salah satu motode yang dapat digunakan yaitu metode make to match (mencari pasangan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan ptestasi belajar PAI pada materi ayo membayar zakat dengan menggunakan metode make to match (mencari pasangan) berbantu dengan pendekatan TPACK seperti menggunakan media gambar bergerak dan metode bernyanyi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Diawal penelitian berdasarkan data pra survey yang penulis peroleh dari hasil tes Latihan peserta didik ternyata masih banyak sekali peserta didik yang belum mampu memahami materi ayo membayar zaka di kelas VI SD Negeri 156 Rejang Lebong adalah 12 orang. 3 orang mendapatkan nilai 40 (25%), 5 orang mendapatkan nilai 55 (42%), 2 orang medapatkan nilai 70 (16%), dan 2 orang mendapatkan nilai 75 (16%). Namun di akhir penelitian ini dapat di peroleh data yang menunjukan peningkatan prestasi belajar PAI pada materi ayo membayar zakat yaitu dari 12 siswa. 2 orang mendapatkan niali 75 (16%), 2 orang mendapat nilai 85 (33%), 4 orang 90 (33 %), 3 orang 95 (8%), dan 1 orang siswa yang belum tuntas (8%).

References

Afi Parnawi, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), (Yoyakarta : Deepublish, 2020)

file:///D:/PPG%202022%20BISMILLAH/LOKAKARYA/PTK/bab%20II.pdf online di akses 3 september 2022

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

https://www.google.com/search?q=pendidikan+adalah&oq=pendidikan+adalah&aqs=chrome..69i57j0i512l9.5399j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8 online di akses 3 September 2022

Rahmat Widodo, model Pembelajaran Make a Match.(lorna curran,199) 2010

Ramadhan Tarmizi, Pembelajaran Kooperatif Make a match (2008) online https://www.scribd.com/document/8846497/Pembelajaran-Kooperatif-Make-a-Match#download di akses 03 September 2022

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Cet. VII. (Jakarta: Kalam Mulia, 2012), hal, 2

WJS.POerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta :Balai Pustaka,1989),hlm.251

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles