Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa

Authors

  • Rosmahani SD Negeri 9 Kaur, Kaur

Keywords:

Model Jigsaw, Keaktifan Belajar

Abstract

Jigsaw berasal dari bahasa Inggris yang mempunyai arti "gergaji ukir". Pola pembelajaran ini menyerupai cara kerja sebuah gergaji yang mengutamakan kerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Model pembelajaran jigsaw adalah cooperative learning yang diawali oleh guru mengemukakan sebuah topik dan selanjutnya akan dibagi kelompok kecil. Pembelajaran model ini dikembangkan oleh Elliot Aronson dan teman-temannya di Universitas Texas dan kemudian diimplementasikan oleh Slavin dan teman-temannya di Universitas John Hopkins.. Metode jigsaw merupakan cara belajar dengan metode ini cenderung fleksibel dan bisa diterapkan di semua jenjang pendidikan. Metode ini mengajarkan siswa belajar mandiri karena siswa di arahkan untuk berusaha menggali informasi yang telah didapat. Dengan demikian, rasa tanggung jawab murid akan terlatih dengan sendirinya sebab siswa mempunyai tanggungjawab untuk memahami dan menyampaikan materi ke kelompok lain. Sehingga hal tersebut akan memunculkan kerja sama antarkelompok kecil dalam kelas. Perasaan kompak bisa membuat kelas lebih aktif dan semangat belajar semakin tinggi.

References

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles