Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa kelas IX SMPN 35 Berasrama Kaur Melalui Sharing dan Media Audio Visual pada Materi Iman pada Hari Akhir

Authors

  • Budiman Afrizal SMPN 35 Berasrama, Kaur

Keywords:

Hasil Belajar, Sharing dan Media Audio Visual

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mater Iman Kepada Hari Akhir Melalui Sharing dan Media audio Visual Siswa Kelas IX SMPN 35 Berasrama Kaur.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Melalui Sharing dan Media audio Visual dapat Meningkatkan Hasil Belajar Materi Iman pada Hari Akhir Siswa Kelas IX SMPN 35 Berasrama Kaur. Selanjutnya peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan melalui Sharing dan Media Audio Visual untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru Melalui Sharing dan Media Audio Visual yang lebih menarik dan bervariasi.

References

Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.

Azhar Arsyad, Prof.Dr., Media Pembelajaran, 2003, Jakarta: PT Radja Grafindo Persada

Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, 1996. Jakarta: Dirjen Pendidikan tinggi Depdikbud. Rineka Cipta,

Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.

Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.

Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.

Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.

Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.

Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.

Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.

Mulyasa, E, Dr., M.Pd., Menjadi Guru Profesional, 2005. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Muslimin Ibrahim, Prof., M.Pd., dkk., Pembelajaran Kooperatif, 2000, Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Program pasca Sarjana UNESA University Press.

Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.

Rohani Ahmad, Drs., Abu Ahmadi, Pengelolaan Pengajaran, 1995, Jakarta: Rineka Cipta

Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.

Soekamto dan Winataputra, Teori Belajar dan Metode-Metode Pembelajaran 1997. Jakarta irektorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, 2005, Bandung: Remaja Rosdakarya,

Winkel, W.S. Psikologi Pengajaran, 1991, Jakarta: Grasindo,

Downloads

Published

2022-10-10

Issue

Section

Articles