Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Implementasi Kooperative Learning Di Kelas VII SMPN 7 Kaur
Keywords:
Kooperative Learning, Hasil belajar, SMPNAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1). Bagaimanakah hasil belajar PAI di kelas VII SMPN 7 KAURsebelum menerapkan model Pembelajaran Kooperative Leraning (2).Bagaimanakah hasil belajar PAI di kelas VII SMPN 7 KAURsetelah melakukan penerapan model Pembelajaran Kooperative Leraning (3). Apakah dengan penerapan model pembelajaran Kooperative learning dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIISMPN 7 KAUR. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 7 KAUR yang berjumlah 26 orang siswa. Tekhnik Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi guru dan siswa serta laporan lembar kerja siswa yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu, siklus I dan siklus II. Kesimpulan Penelitian yaitu (1). Hasil belajar siswa sebelum menerapkan pembelajaran Kooperative Learning di kelas VII selalu rendah, rata-rata hanya mencapai 6, siswa pasif menerima penjelasan dari guru, serta siswa kurang tertarik atau termotVIIasi pada saat proses pembelajaran berlangsung. (2).Pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menerapkan model Kooperative Learning dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata, persentase ketuntasan belajar siswa siklus I ke proses pembelajaran siklus II. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 6.91 dan meningkat 8.00 pada siklus II, ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari 65.38% pada siklus I meningkat menjadi 96.15% pada proses pembelajaran siklus II. Sedangkan nilai rata-rata skor guru dari 33 dengan kategori baik meningkat menjadi 35 dengan kategori baik pada pembelajaran siklus II. Demikian juga dengan nilai rata-rata skor siswa pada siklus I sebesar 24 dengan kategori baik mengalami peningkatan pada proses pembelajaran di siklus II yaitu sebesar 29 dengan kategori baik.(3). Pelaksanaan Implementasi Kooperative Learning dalam pembelajaran PAI di Kelas VII SMPN 7 KAURdapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran
References
Andopa, Alpaqih, H. Hardivizon, dan Nurma Yunita. “The Meaning of Nafs in the Qur’an Based on Quraish Shihab’s Interpretation.” AJIS: Academic Journal of Islamic Studies 3, no. 2 (2018): 139–62. doi:10.29240/ajis.v3i2.578.
Anitah, Sri. W dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Rineka Cipta.
Arikunto, Suhartini. 2007. Prosedur Penelitian” Suet Pendekatan Prakiik”. Jakarta: Rinks Cipta.
Chairuna, Fitri. 2008. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada MataPelajaran IPA Kelas VII di SD Negeri 45 Kota Bengkulu. UnVIIersitas Bengkulu.
Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah. S. B. dan Zain A. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Farida, Umma, H. Hardivizon, dan Abdurrohman Kasdi. “Menyingkap Maqasid Profetik dalam Hadis tentang Relasi Laki-Laki dan Perempuan.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 5, no. 2 (30 November 2021): 819–42. doi:10.29240/alquds.v5i2.3319.
Firdausiyah, Umi Wasilatul, dan Hardivizon Hardivizon. “Ideologi Bencana Dalam Perspektif Al-Qur’an: Analisis Kata Fitnah Pada Surah Al-Anbiya[21]:35 Dengan Teori Ma’na-Cum-Maghza).” Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an dan Tafsir 6, no. 2 (31 Desember 2021): 83–94. doi:10.15575/al-bayan.v6i2.13839.
Hardivizon, H. “Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis).” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 101–24. doi:10.29240/bjpi.v2i2.287.
Hardivizon, H., dan A. Anrial. “Tinjauan Terhadap Upaya STAIN Curup Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Mahasiswa.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016): 67–86. doi:10.29240/jf.v1i1.65.
Hardivizon, Hardivizon, dan Mufidah Mufidah. “Emotion Control in The Qur’an: Study of Toshihiko Izutsu’s Semantic Approach to Kaẓim Verses.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 6, no. 2 (30 Desember 2021): 221–42. doi:10.32505/at-tibyan.v6i2.3316.
Hardivizon, Hardivizon. “Telaah Historis-Hermeneutis Hadis-Hadis Tentang Ayah.” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (2019): 147–70. doi:10.29240/jf.v3i2.616.
Http://apadefinisinya.blogspot.com/2008/05/kumpulan-metodepembelajaran pendampingan. html, Nila Kencana, 2009/05/21/
Ibrahim, M dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UnVIIersity Press.
Kisworo, Budi, dan H. Hardivizon. “Telaah Leksikal, Gramatikal, dan Kontekstual Terhadap Makna Kata Syahida pada QS. al-Baqarah ayat 185.” AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis 4, no. 1 (2020): 163–80. doi:10.29240/alquds.v4i1.1473.
Lie, Anita. 2006. Kooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
Nahar, Syamsu, Suhendri, Zailani, dan Hardivizon. “Improving Students’ Collaboration Thinking Skill Under the Implementation of the Quantum Teaching Model.” International Journal of Instruction 15, no. 3 (2022): 451–64.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Dalam Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.
Sholihin, Muhammad, Hardivizon Hardivizon, Deri Wanto, dan Hasep Saputra. “The Effect of Religiosity on Life Satisfaction: A Meta-Analysis.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 78, no. 4 (2022): 10. doi:10.4102/hts.v78i4.7172.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rina Kurniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.