Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Materi Hidup Bersih Semua Jadi Nyaman Melalui Model Discovery Learning Bagi Siswa Kelas VII (Studi Kasus di SMPN 18 Bengkulu Tengah)

Authors

  • Nena Soraya SMPN 18 Bengkulu Tengah

Keywords:

Hasil Belajar, Aku Anak Salih, Discovery Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI pada materi Hidup Bersih Semua Jadi Nyaman melalui model discovery learning bagi siswa kelas VII SMPN 18 Bengkulu Tengah. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 18 Bengkulu Tengah. Adapun objek penelitian ini yakni peserta didik kelas VII. Penelitian tindakan ini terdiri dari dua siklus. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari pencatatan laporan dan tes/kuis. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan model analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setelah diadakan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dengan indikasi sebagai berikut: (1) Skor rata-rata hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 18 Bengkulu Tengah pada siklus I pertemuan I dan II berada dalam kategori rendah dan sedang skor rata-rata sebesar 63,66 dan 70,0 dari skor ideal 100. (2) Skor rata-rata hasil belajar PAI siswa kelas VII SMPN 18 Bengkulu Tengah pada siklus II pertemuan III berada dalam kategori tinggi skor rata-rata sebesar 80,33 dari skor ideal 100.

References

Aliasmin. (2020). Penggunaan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Seluma. Ghaitsa, 1(1). 42-48.

Anita, S, dkk. (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Annisa, & Sholeha, D., (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning. Indonesian Journal of Teacher Education 2(1). 218-225.

Arsyad. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Chatib, M. (2010). Sekolahnya Manusia. Bandung: Mizan Media Utama.

Djamarah, B. S. & Aswan, Z. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Rineka Cipta.

Fikriyah, N. (2019). Model Discovery Learning dalam pembelajaran PAI ditinjau dari Qs. Al-an'am ayat 74-79. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hilal, S. (2018). Implementasi Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran PAI (Studi Multi Situs di SMPI Hasanudin Kesamben dan SMPI Assalam Jambewangi Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar)

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ramadhan. T. (2010). http://tarmizi.wordpress.com/2010/02/15/talking-stick/ diakses 01 Janauri 2012.

Republik Indonesia. “Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta: Sinar Grafika.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Sanjaya. (2011). Pengertian, Definisi Hasil Belajar Murid. http://aadesanjaya. blogspot.com/2011/03/pengertian-definisi-hasil-belajar.html., diakses tanggal 06 Januari 2012.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. http://smacepiring.wordpress.com/ diakses tanggal 30 November 2011.

Sunartombs. (2011). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. http://sunartombs. wordpress.com/2011/10/10/faktor-yang- mempengaruhi-hasil-belajar/ diakses tanggal 06 Januari 2012.

Surya, dkk. (2008). Kapita Selekta Kependidikan di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Techonly 13. (2009). Pengertian Hasil Belajar. http://techonly13.wordpress. com/2009/07/04/pengertian-hasil-belajar/ diakses tanggal 22 September 2011.

Tim Dosen FIP-IKIP Malang. (1987). Pengantar Dasar-dasar Kepemimpinan. Malang: Team Penilis.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wardhani, IGAK, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Widodo, R. (2010). http://wyw1d.wordpress.com/2009/11/09/model-pembelajaran-16- talking- stik/ diakses 01 Janauri 2012.

Winarti & Suyadi. (2020). Pelaksanaan Model Discovery Learning Jerome Bruner pada Pembelajaran PAI di SMPN 3 Depok Sleman Yogyakarta. Qalamuna-Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2).

Winataputra, U. S. dkk. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-12-05

Issue

Section

Articles