Peranan Pendampingan Keluarga Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid 19 Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 042 Bengkulu Utara

Authors

  • Hendi Hedra Atmoko SD Negeri 042 Bengkulu Utara

Keywords:

Pendampingan Belajar, Orang Tua, Anak

Abstract

Pendidikan agama islam merupakan upaya untuk memperkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (Allah SWT) sesuai dengan ajaran Islam, bersikap inklusif, rasional dan filosofis dalam rangka menghormati orang lain dalam ikatan kerukunan serat kerja sana antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional. Peranan keluarga dalam mendampingi anak belajar di rumah merupakan suatu bentuk dukungan terhadap aktivitas belajar secara online. Bentuk Peranan Keluarga sendiri sangat di butuhkan pada masa pendampingan anak ketika belajar maupun aktivits tiap hari. Dukungan yang ada di lingkungan rumah merupakan faktor utama yang sangat berarti guna meningkatkan minat anak dalam belajar terutama Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

References

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, et.al. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Lukmanul Hakim. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Bandung : CV. Wacana ilmu.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban M. E., & Kuswanto, H. 2020. Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1).

Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Manzilati, Asfi. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif . Malang: UB Press.

Qomaruddin. 2016. Pentingnya Pendampingan Keluarga Terhadap Pendidikan Anak, AtTahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah 4, no. 01.

Downloads

Published

2022-12-05

Issue

Section

Articles