Peningkatan Prestasi Belajar Pai Materi Ayo Berwudu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas Ii Sdn 161 Rejang Lebong

Authors

  • Jayantoni SDN 161 Rejang Lebong

Keywords:

Metode Demontrasi, PAIBP, Prestasi belajar, Wudu

Abstract

Mengembangkan pencapaian kompetensi peserta didik tidak hanya pada pemahaman keagamaan saja, namun diperluas sampai mampu mempraktikan dan menerapkan dalam kehidupan bersama di masyarakat. Untuk mencapai keberhasilan siswa tersebut dikembangkan berbagai metode pembelajaran salah satunya menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi pada pembelajaran PAI materi Ayo Berwudu pada siswa kelas II SDN 161 Rejang Lebong. metode demonstrasi adalah cara menyajikan materi pembelajaran dengan menampilkan sebuah rakaian peragaan atau mempertunjukkan suatu proses tertentu secara langsung baik oleh pendidik atau oleh peserta didik dibarengi dengan penjelasan proses yang jelas. Penelitiai ini dilaksanakan dalam dua siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hipotesis yang peneliti rumuskan adalah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI materi Ayo Berwudu pada kelas II SDN 161 Rejang Lebong. Idikator keberhasilan apabila terjadi peningkatan hasil belajar siswa apabila 83 % siswa (kelas yang diteliti) dengan KKM 65. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Teknik analisis data dengan mengetahui nilai rata-rata (mean) dan persentase. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Melalui Metode Demosntrasi pada mata pelajaran PAIBP dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SDN 161 Rejang Lebong, yang dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu dengan rata-rata nilai 58,5 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 50% kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dengan rata-rata nilai 75 dan persentase ketuntasan sebesar 83,33 %.

References

Ajib, Muhammad, (E-Book) Fiqih Wudhu Versi Madzhab Syafi’iy, (Jakarta : Rumah Fiqih Publishing, 2019)

Arikunto, Suharsimi dkk, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006)

Handartiningsih, Peningkatan Kompetensi Siswa Dalam Menyiapkan Dan Menyajikan Minuman Nonalkohol Melalui Metode Demonstrasi, (Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 3, November 2014)

Intan Purnama Sari, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Berwudhu Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Mts Putri Aliifah Medan Marelan (Strata satu, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2018)

Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Pada Madrasah

Sudirman, dkk. Ilmu Pendidikan. (Bandung: CV. Rosdakarya, 1987).

Sulaiman, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Kajian Teori Dan Aplikasi Pembelajaran PAI), (Banda Aceh, Yayasan PeNA, 2017)

Suryaman, Maman. Metodologi Pembelajaran Bahasa,(Yogyakarta : UNY Press, 2012)

Usman, Basyiruddin Metodologi Pembelajaran Agama Islam, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002).

Yusuf, Tayar dan Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1992)

Downloads

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles