Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menggunakan Multimedia Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD Negeri 145 Rejang Lebong
Keywords:
Upaya Guru PAI, Multimedia, Prestasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya pengajar PAI dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI menggunakan multimedia di SD Negeri 145 Rejang Lebong dan untuk mengetahui hambatan pengajar PAI dalam meningkatkan prestasi belajar menggunakan multimedia di Sekolah Dasar Negeri 145 Rejang Lebong. Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan multimedia, pengajar PAI di SD Negeri 145 Rejang Lebong melakukan penyesuaian media menggunakan materi yang diajarkan, mengutamakan kegiatan siswa dalam memecahkan bahan ajar dan mengevaluasi proses belajar mengajar yang dilakukan menggunakan multimedia. Adapun kendala yang dialami pengajar PAI menggunakan multimedia pada Sekolah Dasar Negeri 145 Rejang Lebong belum meratanya infrastuktur yang mendukung penerapan multimedia pada mata pelajaran PAI misalnya ruang lab, ruang praktek dan ruangan untuk melaksanakan pembelajaran menggunakan multimedia. Ketidaksiapaan asal daya insan untuk memanfaatkan multimedia pula sebagai hambatan pengajar pada proses pembelajaran PAI di SD Negeri 145 Rejang Lebong dan masih kurangnya pengajar PAI dalam menggunakan multimedia ketika melaksanakan Proses Belajar Mengajar. Faktor yang meningkatkan prestasi belajar PAI menggunakan multimedia pada Sekolah Dasar Negeri 145 Rejang Lebong merupakan adanya rasa bahagia ketika belajar, mengutamakan keterlibatan siswa pada proses belajar mengajar.
References
Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir (2006), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana
Bambang (2017), Peran dan Tantangan Profesi Pengembang Teknologi Pembelajaran Pada Pembelajaran Abad 21, Jurnal Kwangsan: hal: 77 – 90
Basrowi & Suwandi (2002), Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta
Moleong (2007), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya
Nawawi (2007), Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung: Alfabeta., April 2015, 31–46. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Trihayu (2017), Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif (ADOBE FLASH CS6) Terhadap Hasil Belajar Matematika SISWA Kelas V Sdn JURUG Sewon, Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 3, Nomor 3, Mei 2017, hlm. 169-172
Tumini, (2019), Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar dengan Multimedia pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar, Jurnal Sosial, hal 93-101
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muklas Adi Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.