Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Penguatan Karakter (Studi Kasus Pada Sekolah Dasar Negeri 038 Bengkulu Utara)

Authors

  • Erwin Istichomah SDN 038 Bengkulu Utara

Keywords:

Kepribadian, Pendidikan, Siswa

Abstract

Kepribadian adalah suatu perpaduan yang utuh antara sifat, sikap, pola pikir, emosi, serta juga nilai-nilai yang mempengaruhi individu tersebut agar berbuat sesuatu yang benar sesuai dengan lingkungannya. Kepribadian mengacu pada pengorganisasian sikap individu terhadap apa yang dilakukan, pikirkan dan rasakan, terutama dalam hubungan dengan orang dan keadaan. Orang yang berkarakter berarti orang yang memiliki watak, sikap, kepribadian yang baik. Dalam artian bahwa karakter sangat identik dengan akhlak. Kepribadian adalah kualitas, sifat, karakteristik,diri individu yang berasal dari pembentukan yang diterima oleh lingkungan. Pendidikan karakter sebuah usaha untuk mendidik siswa agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi positif pada lingkungannya.

References

Arifin, Zaenal. 2011. Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rosda, cet. ke 1

Amirulloh,Syarbin. 2012. Buku Pintar Pendidikan Karakter. Jakarta: prima pustaka.

Drajat, Zakiyah. 1987. Metodologi Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2009. Al-Qur‟an dalam Perspektif Etika dan Hukum. Yogyakarta: Teras.

Koesoema, D.A. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Grasindo. Jakarta.

Nashir, Haedar. 2013.Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Yogyakarta: Multi Presindo.

Sugiyono, 2013. Memahami Penelitian Kualitatif cet 3, Bandung: Alfabeta.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Articles