Disharmonisasi Keluarga Sebagai Salah Satu Faktor Penghambat Prestasi Belajar Anak Di Sekolah

Authors

  • Deni Sugianti SDN 097 Bengkulu Utara

Keywords:

Keluarga, Dismonisasi, Prestasi Belajar.

Abstract

Keluarga adalah kumpulan dari dua orang tua atau lebih yang hidup Bersama dengan keterkaitan aturan, emosional dan individu mempunyai peran masing-masing yang meruoakan bagian dari keluarga. Bentuk dan isi serta cara-cara Pendidikan didalam keluarga akan selalu mempengaruhi tumbuh kembang watak, budi pekerti an kepribadian tiap-tiap manusia. Pendidikan yang diberikan kepada anak diarakkan dan dibimbing dengan ajaran islam. Hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab orang tua sebagai pendidik dalam keluarga. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern Pendidikan harus menjadi salah satu perhatian utama bagi orang tua. Oleh kerena itu orang tua wajib memikul tanggung jawab untuk memberikan Pendidikan yang baik kepada anak di rumah dan di lingkungan keluarga dan memelihara mereka dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang menurut etika Islam. Disharmonisasi didalam keluarga dapat menimbulkan rasa kecemburuan soaial di dalam hati anak apabila melihat keluarga teman-temannya bahagia yang mengakibatkan anak suka menyendiri dan sering berpengaruh terhadap pola belajar anak. Disharmonisasi keluarga dapat terjadi apabila kedua orang tua tidak dapat menjalankan atau gagal dalam menjalankan tugas dan perannya didalam keluarga dengan baik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka. Studi Pustaka ialah penelitian ilmiah yang bersumber dari buku-buku atau referensi lain seperti artikel, majalah, jurnal dan koran yang sesuai dengan permasalahaan yang akan diteliti atau ditulis. Hasil dari penelitian ini yaitu telah terbukti bahwa disharmonisasi keluarga menjadi salah satu factor penghambat prestasi belajar anak karena dapat menyebabkan anak berprilaku nakal, sulit dididik, sulit berteman dan berprilaku buruk yang akhitnya dapat mempengaruhi prestasi serta pola belajar anak di rumah dan disekolah.

References

An Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di rumah, sekolah dan di masyarakat, (Jakarta: Gama Insani Press, 1995)

Anisa Sastriani, “Keharmonisan Keluarga Dan Pengaruhnya Terhadap Pengamalan Agama Anak di Gampong Beurawe Banda Aceh” (Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh 2018)

Baharits, Adnan Hasan Shalih, Tanggung Jawab Ayah Terhadap Anak Laki-Laki, (Jakarta: Gama Insani Press, 1999).

Basri, Hasan, keluarga Sakinah (Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar,1995)

Dahar, Mas’ud Hasan Abdul, Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2015).

Dalyono, Drs.M.,Psikologi Pendidikan. (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1997).

Departemen Pendidikan Nasional, “kamus Besar Bahasa Indonesia”, Jakarta: PT Balai Putaka, 2005

Djamarah, Syaiful bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Eriza nur fauzi ,Muhammad,“Disharmonisasi Keluarga yang Menyebabkan Fenomena Jalanan”, https://www.kompasiana.com/erizanurfauzi26/60e229d0152510770b6d1d72/disharmonisasi-keluarga-yang-menyebabkan-fenomena-jalanan.( diakses pada 27 oktober 2022 13:16).

Gerungan, W.A. Dr, Dpl. Psych. “pisikologi Sosial”, (Bandung: PT Etisko, 1998)

Gunarhadi, “Penggunaan Model Pembelajaran Electrik dalm Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia dengan Kovarian kognisi di Sekolah Inklusif” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16 (Juni 2010).

Hakim, Aceng Lukmanul, “Pengaruh Pendidikan Anak Usia Dinin Terhadap Prestasi BelajarSiswa Kelas 1 Sekolah Dasar di Kabupaten dan Kota Tanggerang” Jurnal Pendidikan danKebudayaan 17 (November 2011).

Hendra, Keluarga Disharmonis Pasti Bisa Diatasi, (Banjarmasin: Pustaka Cahaya Bangsa, 2008).

https://ruangguruku.com/pengertian-belajar-menurut-ahli/

Https://Www.Bkkbn.Go.Id/Detailpost/Bkkbn-Usia-Pernikahanideal.21-25 (Diambil Pada Tanggal 28 oktober Jam 12.00)

Https://Zenziko.Wordpress.Com/2010/02/23/Kehidupanbermasyarakatindividukeluargamasyarakat (Diambil Tanggal 27 oktober Jam 10.00)

Ihsan, Drs. H. Fuad, Dasar-dasar Pendidikan, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2003)

Irfan Supardi, Alhamdulillah Bunga Cintaku Bersemi Kembali (Solo: Tinta Medina,

.

Lestari, Sri, Psikologi Keluarga Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga (Jakarta; Kencana Prenada Media Group, 2012)

M. Ali dan M. Asrori, Psikologi Remaja, ( Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2005).

Mazhahiri, Hasan,”Pintar Mendidik Anak”, (Jakarta : PT. Lentera basritama, 2002)

Mu’awanah, “Hubungan Keaktifan Guru Dalam Mengajar Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Ma’arif Bakung Udan Awu Blitar”, Realita, 1 (Januari 2004).

Nasution, Noehi, dkk., Materi Pokok Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Direktorat JenderalPembinaan Kelembagaan Agama Islam Dep. Agama dan Universitas Terbuka, 1991, )

purwanto, Ngalim, pisikologi Pendidikan, (bandung : PT. Remaja Rosdakrya,1992).

Ramli, Mansyur, Jurnal Penelitian dan Kebudayaan (Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, 1995).

Singgih D. Gunarsa dan Yulia Singgih, Psikologi Praktis: Anak, Remaja, dan Keluarga, (Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 1991).

Suprajitno, Asuhan Keperawatan Keluarga Aplikasi dalam Praktek (Jakarta: Egc, 2004)

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PR. Raja Grafindo Persada, 2002).

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006).

Willian J. Goode, “Psikologi Keluarga, (Jakarta: PT. bumi Aksara, 1991).

Wojowasito dan Poerwadarminto, Kamus Lengkap, (Bandung: Hasta, 1985)

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Articles