Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Shalat Jamak Dan Qashar Dengan Metode Demonstrasi Dan Eksperimen Di Kelas VIIA SMPN 13 Mukomuko

Authors

  • Liza Guswani SMPN 13 Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Eksperimen

Abstract

Masalah yang dihadapi guru adalah masih kurangnya kemampuan siswa dalam menjelaskan pengertian shalat jamak dan qashar serta sebab-sebabnya, kemampuan dalam menjelaskan shalat-shalat yang boleh dijamak dan diqashar, kemampuan siswa dalam mempraktekkan shalat jamak taqdim dan ta’khir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIIA SMPN 13 Mukomuko, Kabupaten Mukomuko dalam memahami mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tentang “Shalat Jamak dan Qashar” dengan penerapan Metode Demonstrasi dan Eksperimen, sehingga pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada kelas VIIA SMPN 13 Mukomuko, Kabupaten Mukomuko. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dari mulai pra test hingga siklus terakhir. Sehingga dapat disimpulkan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada materi “shalat jamak dan Qashar”. Di kelas VIIA SMPN 13 Mukomuko, Kabupaten Mukomuko.

References

Arikunto Suharsimi, (2006). Prosedur Penelitian. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono, (2009). Belajar dan Pembelajaran, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, (2010). Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.

Fathul Jannah, (2013). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Dinamika Ilmu. 13(2): 161.

Hamalik Oemar, (2004). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Bumi Aksara, Jakarta.

Roestiyah NK., (2001). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, W.,(2006). Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Santi, S., Dhafir, F., & Bustamin, B. (2014). PENERAPAN METODE Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas VII. Jurnal kreatif online.

Septian, D. E. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam terhadap kemampuan Gerakan shalat siswa kelas VII. Skripsi sarjana tak terbitkan.

Triana, T., Sapri, J., & Kurniah, N. (2019). Implementation of in demonstration methods traditional game to improve rude social and motor skills. Jurnal ilmiah teknologi pendidikan, 8(1), 58-68.

Wahbah Az-Zuhaili, (2010). Fiqih Islam Wa Adillatuhu, Gema Insani, Depok.

Wiranty, W., (2017). Penerapan Metode DEMONSTRASI Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Puisi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 284-294.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Articles