Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Siswa

Authors

  • ST Bayinah MI Muhammadiyah Braja Asri

Keywords:

Guru, Pendidikan, Penanaman Karakter, Siswa

Abstract

Akhlak merupakan amal perbuatan yang bersifat terbuka sehingga dapat menjadi indikator individu dalam menilai apakah pribadi seseorang itu dapat dikatakan sebagai muslim yang baik atau sebaliknya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan karakter siswa. Pengambilan data digunakan metode studi pustaka yaitu dengan mencari sumber atau literatur dalam bentuk data sekunder berupa jurnal Nasional maupun jurnal Internasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap siswa. Strategi yang ditempuh guru antara lain menasihati siswa untuk datang tepat waktu, mematuhi peraturan madrasah dan perintah guru, menjaga kebersihan madrasah dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak membawa handphone dan barang berharga, tidak membuat berantakan kelas, dan memberikan sanksi bagi siswa yang melanggar.

References

Amri, S. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka

Lubis, M. (2009). Evaluasi Pendidikan Nilai. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marimba, A. (2014). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maulida, A., Priyatna, M., & Wahidin, U. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Perspektif Mastuhu: Studi Analisis Perspektif Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(02).

Shoffan Banany, D. (2020). Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa Kelas VIII-3 DI MTS Darul Ihya Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hid. Jurnal Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(1), 35–44.

Suyudi, M. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Karakter Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 195–205. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.563

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Articles