Implementasi Model Pembelajaran Tadabbur Alam pada Materi Mari Mengenal Allah SWT di SD Negeri 08 Tebat Karai

Authors

  • Ozy Vebry Alandika SD Negeri 08 Tebat Karai

Keywords:

Model Pembelajaran, Tadabbur Alam

Abstract

Memilih model pembelajaran secara tepat adalah solusi agar peserta didik tidak mengalami kesulitan belajar terhadap mata pelajaran PAI. Darinya, dirasa penting bagi guru untuk memunculkan inovasi khususnya dalam pengembangan model pembelajaran PAI di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Tadabbur Alam pada Materi Mari Mengenal Allah SWT di SD Negeri 08 Tebat Karai beserta manfaatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan pendekatan Miles dkk yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Penelitian ini memperoleh simpulan bahwa model pembelajaran Tadabbur Alam dijadikan sebagai acuan atau pedoman untuk mencapai tujuan dari pembelajaran PAI dengan cara merenungi, menghayati, memikirkan, serta mengikutsertakan kehadiran hati dan konsentrasi diri terhadap alam dan segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah SWT. Langkah-langkah model Pembelajaran Tadabbur Alam dalam pembelajaran PAI yaitu pemberian penjelasan awal dan stimulus, menghadirkan pernyataan konflik dan masalah, pengumpulan data dan informasi, kegiatan perenungan, menentukan perilaku pengamalan yang tepat, dan pemaparan kesimpulan. Model pembelajaran Tadabbur Alam dalam pembelajaran PAI bermanfaat untuk meningkatkan motivasi, minat, keterampilan, menghadirkan pengalamalan, serta keterlibatan aktif peserta didik sehingga membuat suasana belajar menjadi menyenangkan.

References

Amini, A. P. (2021). Analisis Manajemen Berbasis Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMP Swasta Pemda Rantau Prapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 11148-11159.

Bahasa, P. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Daheri, M. (2021). Perencanaan Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa Covid-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3884-3897.

Fauzan, F. (2016). Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 01 Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Annizom, 1(3), 135-148.

Ismail, H. (2010). Tadabbur Ayat-Ayat Motivasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kemdikbud. (2017). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5 SD. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maisarah. (2018). Keutamaan Amalan Tadabbur al-Quran terhadap Pelajar Tahfiz. Jurnal al-Turath, 3(2), 16-21.

Muhaimin. (2007). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nugraha, M. S. (2014). Pembelajran Pai Berbasis Media Digital (Studi Deskriptip Terhadap Pembelajaran PAI Di SMA Alfa Centauri Bandung). J. Pendidik. Agama Islam-Ta’lim, 12(1), 55-67.

Nusroh, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 71-92.

Rakhmat, J. (2000). Meraih Cinta Ilahi : Pencerahan Sufistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ridhoi, M. (2017). Pendekatan Saintifik Pembelajaran PAI Perspektif Jean Peaget. Jurnal Al-Ibrah, 2(1), 140-164.

Syafe’i, H. T. (2018). Peran Guru Dalam Mewujudkan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Rayah Al-Islam, 2(1), 101-111.

Triannto. (2010). Pengantar Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Pustaka Prestasi.

Zakirah, N. (2014). Definisi Qawaid al-Tadabbur: Satu Analisis Perbandingan dengan Qawaid Tadabbur. International Journal of Quranic Research.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Articles